Anda Mudik? Mari Ikuti Tips Aman dari BPBD DKI Jakarta

62737 medium anda mudik mari ikuti tips aman dari bpbd dki jakarta
Disasterizen, lebaran akan segera tiba, tradisi mudik akan menjadi salah satu yang tidak akan lepas dari Lebaran, utamanya di Ibukota. Banyak penduduk DKI Jakarta yang akan mudik ke kampung halaman yang tersebar di seluruh Indonesia.

Saat mudik, tentu saja rumah kosong, tidak memungkiri tetap ada potensi bencana yang mampu menimpa rumah yang ditinggal mudik, terutama kebakaran. Lalu apasaja upaya-upaya yang dapat kita lakukan dalam mencegah hal tersebut, dan membuat rumah kita aman. Berikut adalah tips mudik aman 2019 dari BPBD DKI Jakarta:

1. Pastikan Kompor gas aman dengan mencabut regulator gas dan memastikan kompor padam untuk mencegah kebakaran.
2. Cabut seluruh koneksi barang elektronik di dalam rumah (AC, kulkas, ricecooker, pompa, TV, dll)
3. Pastikan seluruh sumber listrik (kabel, sekring, dan stop kontak) aman dari benda lain untuk menghindari terjadinya korsleting listrik.
4. Jangan lupa mematikan keran air agar air luapannya tidak menyebabkan korsleting listrik akibat interaksi air dengan instalasi listrik.
5. Laporkan kepergian anda saat mudik/ libur cuti bersama anda (dengan menyertakan berapa lama waktu mudik anda dan nomer HP yang dapat dihubungi) ke ketua RT/ RW, dan aparat keamanan setempat.
6. Himbau petugas keamanan setempat untuk waspada, dan saat lingkungan rumah anda dalam kondisi darurat dapat melakukan hal-hal berikut:
-menghubungi 112 (Nomor tunggal panggilan darurat bebas pulsa, 24 jam nonstop)
- menginstall aplikasi jakarta aman dan menggunakan tombol darurat.


==================================================================

Diinformasikan Oleh :
BPBD PROVINSI DKI JAKARTA
PUSDATIN KEBENCANAAN
No Fax : 021 - 6340484
No Telp : 021 - 6344766
Call Center Jakarta Siaga : 112
Twitter : @BPBDJakarta
Sudah dilihat 30 kali

Komentar