Amalan Amalan Sunnah saat Puasa

warga di sekitar Anda di Paciran, Lamongan
Header illustration
-
SUNAH-SUNAH PUASA

1⃣ 1. Menyegerakan berbuka jika telah yakin matahari telah terbenam (masuk waktu maghrib). Jika masih meragukan maka harus bersikap hati-hati dan menunda berbuka.

2⃣ 2. Makan sahur meskipun hanya seteguk air.
Hikmahnya adalah menguatkan diri dalam puasa, dan menyelisihi ahlul kitab sehingga tetap dianjurkan meskipun bagi orang yang kenyang.

Juga dianjurkan makan sahur dengan rutob (kurma basah), jika tidak ada maka kurma kering, seperti dalam berbuka.

Waktu sahur dimulai sejak pertengahan malam.

3⃣ 3. Mengakhirkan sahur secara tidak berlebihan. Dan dianjurkan menahan diri untuk tidak makan selama waktu yang diperlukan untuk membaca lima puluh ayat (kurang lebih 15 menit) sebelum masuk waktu shubuh.

4⃣ 4. Berbuka dengan kurma basah (rutob) berjumlah ganjil. Jika tidak ada maka kurma mangkal, lalu kurma kering, lalu air zamzam, lalu air putih biasa, lalu makanan manis yang tidak disentuh api (tidak dimasak) seperti madu dan kismis, lalu makanan manis yang tersentuh api.

5⃣ 5. Membaca doa berbuka puasa.

6⃣ 6. Memberi hidangan berbuka untuk orang-orang yang berpuasa karena berpahala besar. Dalam sebuah hadis dinyatakan:

من فطَر صائماً كان له مثل أجره غير أنه لا يُنقص من أجر الصائم شيئاً
"Barang siapa yang memberi hidangan berbuka untuk orang berpuasa maka ia akan mendapatkan seperti pahala orang tersebut tanpa dikurangi sedikitpun dari pahalanya." (HR. Tirmidzi -dan ia shahihkan-, Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban). Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih, shahih al-jami' 6415.

7⃣ 7. Mandi junub sebelum fajar, guna keluar dari perbedaan pendapat ulama. Selain itu, agar ia memulai puasanya dalam keadaan suci.

8⃣ 8. Mandi pada setiap malam Ramadhan setelah maghrib agar menjadi bersemangat (giat).

9⃣ 9. Senantiasa melaksanakan shalat tarawih dari malam pertama hingga akhir. Rasulullah Saw bersabda:

مَن قامَ رمضانَ إيماناً واحتِساباً غُفِرَ لهُ ما تقدَّمَ مِن ذَنْبه
"Barang siapa mendirikan bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan pengharapan pahala maka akan diampuni dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari dan Muslim).

ِPara ulama mengatakan bahwa yang dimaksud dengan mendirikan Ramadhan adalah shalat tarawih.

🔟 10. Berusaha keras menjaga shalat witir.

➡ Witir dalam bulan Ramadhan memiliki tiga ciri khas, yaitu:

1) Disunahkan berjamaah.

2) Disunahkan untuk dibaca keras.

3) Disunahkan membaca qunut pada pertengahan akhir Ramadhan, berdasarkan pendapat yang muktamad. Sebagian ulama lain berpendapat dibaca sepanjang bulan Ramadhan.

1⃣1⃣ 11. Memperbanyak membaca Alquran sembari ditadaburi. Karena Ramadhan adalah bulan yang diturunkan di dalamnya Alquran, dan ia akan datang sebagai pemberi syafaat pada hari kiamat.

1⃣2⃣ 12. Berusaha memperbanyak ibadah sunah, seperti shalat rawatib, shalat dhuha, shalat tasbih dan shalat awwabin.

1⃣3⃣ 13. Berusaha memperbanyak amal saleh, seperti bersedekah, silaturahmi, hadir dalam majlis ilmu, i'tikaf, melaksanakan umroh, selalu mengingat Allah dengan hati dan anggota badan lain, dan berdoa dengan doa ma'tsurat (yang diriwayatkan dari Nabib Saw).

1⃣4⃣ 14. Bersungguh-sungguh dalam ibadah pada sepuluh hari terakhir dan berusaha mencari malam lailatul qadar pada malam-malam itu terutama malam ganjilnya.

➡ > Lailatul Qadar

Dinamakan lailatul qadar karena ketinggian kedudukannya, karena pada malam itu Allah menetapkan apa yang dikehendaki. Malam tersebut merupakan salah satu keistimewaan untuk umat ini.

Mengenai waktu terjadinya maka para ulama berbeda hingga 40 pendapat. Imam Syafii berpendapat bahwa terjadinya pada malam 21 atau 23. Sementara mayoritas ulama cenderung terjadi pada malam 27. Sebagian yang lain berpendapat bahwa lailatul qadar berpindah-pindah dalam sepuluh hari terakhir.

Hikmah disembunyikannya malam tersebut agar kaum muslimin menghidupkan seluruh malam dengan ibadah.

Diantara keistimewaan malam lailatul qadar adalah tidak terbuahinya sperma orang kafir, tersingkap sejumlah keajaiban alam, dan beramal di dalamnya lebih baik dari beramal selama seribu bulan yang tidak ada malam lailatul qadarnya.

Diantara tanda-tanda lailatul qadar: cuaca sedang (tidak panas dan tidak dingin), matahari terbit cerah tanpa menebarkan sinar yang menyengat karena terhalang cahaya malaikat yang sedang naik dan turun.

Bagi orang yang mendapatkan lailatul qadar dianjurkan untuk menyembunyikannya dan menghidupkan malam dan siangnya.

Cara menghidupkan malam lailatul qadar ada tiga:

1. Cara yang terbaik adalah dengan menghidupkan seluruh malamnya dengan berbagai ibadah, seperti shalat, membaca Alquran, banyak berdoa dengan juga menyebutkan doa:

اللهم إنك عفُوّ تحب العفو فاعفُ عني
(Allahumma innaka 'afuwwun, tuhibbul 'afwa, fa'fu 'anni)
"Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, menyukai maaf, maka maafkanlah diriku."

2. Cara yang sedang-sedang adalah dengan menghidupkan sebagian besar malam dengan berbagai macam ibadah itu.

3. Cara yang paling rendah adalah dengan melaksanakan shalat maghrib dan isya secara berjamaah dan bertekad melaksanakan shalat shubuh secara berjamaah pula.

1⃣5⃣ 15. Berusaha berbuka puasa dengan makanan halal.

1⃣6⃣ 16. Meluaskan rizki bagi keluarga.

1⃣7⃣ 17. Menjauhi canda dan mencela. Jika seseorang mencelanya hendaknya ia mengingatkan dirinya dalam hati bahwa ia sedang puasa guna menghalangi kerusakan puasanya.

Dianjurkan juga untuk menyebutkan itu dengan lisannya jika tidak khawatir riya guna memperingatkan lawan dan mencegahnya dengan baik.

➡ > Faidah:
Imam Abu Hamid al-Ghazali penulis kitab Ihya'Ulumiddin membagi puasa menjadi tiga:

1. Puasa umum (puasa orang awam), yaitu puasa dari semua yang membatalkan puasa.

2. Puasa khusus (puasa orang pilihan), yaitu puasa dari semua maksiat.

3. Puasa super khusus (puasa orang super pilihan), yaitu berpuasa dari selain Allah.

Rujukan:
1. at-taqrirot as-sadidah fil masa'il al-fiqhiyyah, Hasan bin Ahmad bin Muhammad Al-Kaff, dar al-mirots annabawy.
2. Al-Hawi Al-Kabir Fi Fiqhi Madzhabil Imam asy-Syafi'i, Abul Hasan, Ali bin Muhammad bin Habib Al-Mawardi Al-Bashri ( Imam Mawardi )
Sudah dilihat 279 kali

Komentar