Aksi solidaritas Aktivis Penolak PT. RUM

23026 medium aksirum
BEM Semarang Raya, Sukoharjo Melawan Racun (Samar), Aksi Kamisan Semarang
Pernyataan sikap terhadap Polda Jateng paska aksi Solidaritas Semarang untuk Sukoharjo tanggal 23 Maret 2018

Aksi demonstran yang dilakukan oleh Aliansi BEM Semarang Raya (22/03) di bundaran jl. Pahlawan untuk menuntut dibebaskannya seorang aktivis mahasiswa dan 4 warga penolak PT RUM di Sukoharjo dirasa terlalu dipermainkan oleh pihak polrestabes semarang dan Polda Jateng. Pihak polrestabes selalu menawarkan dan memfasilitasi untuk beraudiensi dengan mahasiswa di polrestabes agar tidak terjadi aksi unjuk rasa di depan Polda. Bahkan, intel dari kepolisian begitu bebasnya masuk kampus dan mencari kordinator aksi (22/03) untuk menekan aksi tidak dilakukan. Alasan pihak Polda Jateng karena (23/03) Kapolri akan hadir dalam acara peresmian gedung baru Polda Jateng, dengan itu pimpinan polrestabes memerintahkan untuk sterilisasi dari aksi unjuk rasa di polda jateng.

Selain itu, kami mendesak agar Kapolres Sukoharjo agar secepatnya menangguhkan penahanan kelima tahanan (Is, Kelvin, Sutarno, Brilliant, Sukemi). Pihak Polres Sukoharjo tak kunjung merespon penangguhan penahanan, padahal surat permohonan penangguhan penahanan kelima tahanan sudah diajukan oleh kuasa hukum (LBH Semarang) . Dan ini adalah suatu ketidaksigapan dari kepolisian dalam melayani aspirasi masyarakat. Ketidakpastian ini jelas merugikan kelima pejuang lingkungan yang menolak pencemaran oleh PT.RUM.

Saat aksi longmarch dari Pleburan menuju Polda Jateng berjalan, kami selaku massa demonstran dihadang oleh aparat kepolisian dari polda di Bundaran jl. Pahlawan agar kami tidak bisa melanjutkan longmarch ke titik aksi di depan Polda, tak tanggung-tanggung aparat kepolisian yang menghadang berjumlah 50 an yang sebagian sekitar 10 aparat memakai alat bersenjata lengkap dan juga membawa 2 ekor anjing buldog serta mobil keamanan secara lengkap, sehingga saat kami dihadang kami lebih memilih untuk berhenti daripada berujung ricuh karena aksi kami ini adalah aksi damai untuk solidaritas.

Kajian : ‭bit.ly/KajianStrategis5‬
Pernyataan Sikap : ‭bit.ly/PernyataanSikapPTRUM‬
Release Aksi : http: ‭bit.ly/ReleaseAksi‬
Surat Penangkapan : ‭bit.ly/SuratPenangkapan‬
Infografis : ‭bit.ly/InfografisPTRUM

Kajian dan Rilis via BEM Undip
Sudah dilihat 45 kali

Komentar