Aksi MasBayu #6 Wirogunan di Kampung Nyutran

12 July 2020, 13:08 WIB
9 0 254
Gambar untuk Aksi MasBayu #6 Wirogunan di Kampung Nyutran
Aksi MasBayu (Masyarakat Berbagi Sayuran) Wirogunan ke-6 digelar, Sabtu (11/07/2020), di Kampung Nyutran, Kel. Wirogunan, Mergangsan, Kota Yogyakarta. Sebanyak 2.234 bungkus sayuran, disiapkan relawan GASA Wirogunan. Warga diberi kebebasan mengambil sayuran secukupnya secara gratis, guna memberi kesempatan kepada warga lain.

Hadir dalam pembagian sayuran Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, Camat Mergangsan, Rini Rahmawati, Lurah Wirogunan, A.E. Siwi Utami, Ketua Relawan GASA, Abdul Razaq, Ketua Kampung Nyutran, Ketua RW dan RT se-Kampung Nyutran, PKK, dan masyarakat umum.

Kehadiran wakil walikota menjadi surprise dan kebanggaan tersendiri bagi warga Nyutran. Selain menggunakan sepeda tanpa protokol resmi sebagai pejabat pemerintah Kota Yogyakarta, juga karena familiar dan langsung berbaur dengan warga nyutran.

Heroe Poerwadi secara spontan diminta pembawa acara atau master of ceremony (MC) untuk foto bersama dan memberikan  dalam acara tersebut. Beliau dalam  sambutannya mengatakan, Wirogunan, sebagai salah satu kelurahan yang gencar dalam membuat gerakan "mbagei', cantelan, dan berbagi sayuran. Kebersamaan dan gotong royong sebagai modal sosial di Wirogunan, sehingga banyak kegiatan yang dilakukan dalam masa pandemi Covid-19.

Dia melanjutkan, gerakan kebersamaan dan saling membantu dalam mengatasi persoalan di masyarakat sebagai salah satu keistimewaan masyarakat Yogyakarta.

"Pada saat berbagi pengalaman menangani Covid-19, saya menyampaikan bagaimana masyarakat berbagi, bagaimana masyarakat guyup rukun dalam mengatasi Covid-19, salah satunya yang dilakukan oleh Kel. Wirogunan", ujarnya

Sementara Herond Hendry, Ketua aksi "MasBayu" menyatakan, jumlah bungkus sayuran yang dibagikan ke masyarakat  hingga aksi ke-6 berjumlah 18.479 bungkus/ikat. Jumlah tersebut telah dibagikan untuk tujuh kampung se-kel. Wirogunan.

"Kami bersyukur dan turut senang, antusias masyarakat tidak hanya dalam mempersiapkan, namun dalam pengambilan sayuran. Bahkan sebagian masyarakat memberi dan menambahkan sayuran atau bahan pokok yang lain, misalnya beras, tempe", kata Herond, di Nyutran saat aksi MasBayu, Sabtu (11/7/2020).

Lebih lanjut, dia menjelaskan kegiatan ini dalam rangka membantu masyarakat terutama yang terdampak pandemi Covid-19. Aksi MasBayu dari warga untuk warga.

Lurah Wirogunan, A.E. Siwi Utami saat acara pembagian sayur menyatakan, aksi MasBayu sebagai salah satu aksi dari beberapa aksi yang dilakukan oleh GASA Wirogunan. Semangat kegotong royongan untuk berbuat bersama guna kemajuan Wirogunan, sebagai salah satu modal sosial warga Wirogunan.

“Kami berharap kepada pengurus Kampung, pengurus RW dan RT, PKK dan seluruh warga Wirogunan untuk menjaga kebersamaan, kerukunan dan kegotong royongan ini," harap Lurah yang telah 18 bulan sebagai Lurah Wirogunan.

Warga bantu warga sebagai bagian dari gotong royong. Bersama kita berbuat,  insyaAllah bermanfaat.(KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#GASAWirogunan
#MasBayuWirogunan

  Komentar untuk Aksi MasBayu #6 Wirogunan di Kampung Nyutran

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terkait

Terbaru

Berita Warga
6 jam

Penanganan Jenazah COVID-19

𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Cimenyan, Bandung Kabupaten

Terpopuler

  1. Penyebaran Covid-19 di Ruang Tertutup

    Nawir Sikki  di  Manggala, Makassar  |  4 Aug 2020
  2. GELIAT BANK SAMPAH PUTRI MANDIRI DIMASA PANDEMI

    Indah wahyuni  di  Kebomas, Gresik  |  4 Aug 2020
  3. Urgensi INPRES No. 6 Tahun 2020, Diketahui Warga…!!

    Nawir Sikki  di  Manggala, Makassar  |  6 Aug 2020
  4. INOVASI IBU IBU PKK RT.43 RW.09 KRICAK KIDUL YOGYAKARTA

    mas Har  di  Tegalrejo, Yogyakarta  |  3 Aug 2020

Komentar Terbanyak

  1. 56
    Komentar

    GELIAT BANK SAMPAH PUTRI MANDIRI DIMASA PANDEMI

    Indah wahyuni  di  Kebomas, Gresik  |  4 Aug 2020
  2. 25
    Komentar

    Mendampingi Desa dalam Aksi Melawan Covid-19

    bayu permana  di  Parungkuda, Sukabumi Kabupaten  |  4 Aug 2020
  3. 17
    Komentar

    Kolaborasi Kuliner di Era Pandemi

    Narumi Akana  di  Wonosobo, Wonosobo  |  4 Aug 2020
  4. 14
    Komentar

    PENDEKAR WARAS, PENYAMBUNG TANGAN PEMKOT MADIUN ATASI COVID-19

    Dhevi Citra  di  Manguharjo, Madiun Kota  |  4 Aug 2020