Akibat Gempa 6,9 SR, Puluhan Rumah Di Kabupaten Serang Roboh

68781 medium img 20190803 wa0019
Gempa berkekuatan 7,4 Sekala Richter (SR) dan selang beberapa jam Badan Meteologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) RI menganulir hanya berkekuatan 6,9 SR. Akibat gempa itupun, teryata berdampak juga kepada masyarakat di Kabupaten Serang. 10 rumah di Kampung Kadu Tomo, Desa Kumbang Baros, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, mengakibatkan robohnya kanopi di dua rumah dan retakan di 10 rumah. Hingga saat ini, belum terhitung jumlah tingkat kerugiannya.

Denu Rohman (23) warga Kampung Kadu Tomo, RT 02 RW 02, Desa Kumbang Baros, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang. Ia mengatakan, kejadian gempa yang terjadi pada pukul 19.03 WIB ini cukup kencang dengan durasi ritme gempa cukup lama.

Selain itu menurutnya, akibat gempa berkekuatan 6.9 SR ini mengakibatkan beberapa Rumah mengalami retakan cukup berat di kampungnya.

"Kenceng banget, awalnya kan pelan, pelan nambah kenceng, depannya doang yang roboh (kanopi), Kalau yang retak banyak di sini (Kampung Kadu Tomo), kalau roboh baru ini belum denger lagi ada yang roboh di daerah sini, ini rumah orang tua yang roboh (kanopi)," katanya saat ditemui di sela-sela membersihkan puing-puing kanopi terdampak gempa, Sabtu (3/8).

Denu juga menjelaskan, kejadian inipun pada saat dirinya bersama keluarga sedang makan-makan, dan tiba-tiba depan rumah kanopi roboh serta menimbulkan retakan di sejumlah rumahnya.

"Kejadiannya pas lagi makan-makan di sini (depan kanopi), gempa lama. Cuma kanopi yang roboh sisanya retak-retak," jelasnya.

Di tempat sama, Mujri (30) pun mengakui, rumah miliknya mengalami retakan sebagian tempok samping rumah yang saat ini tengah di tahan oleh bambu agar tidak roboh  juga mengalami dampak dari gempa berkekuatan 6,9 SR ini

"Lama, biasa gak kayak gini, baru kali ini, ini mah dari kecil dulu semakin gede ada sekitar dua menit lama, retak tembok sebelh kamar, kalau gak di tahan udah roboh," katanya.

Sementar itu, hingga BPBD Kabupaten Serang belum mengeluarkan rilis resmi, ada beberapa rumah yang roboh akibat gempa tadi malam.
Sudah dilihat 27 kali

Komentar