Acara Puncak Purwasura, Dandim 0815 Ajak Lestarikan Nilai Nilai Luhur Budaya Bangsa

65348 medium purwasura %281%29
Mojokerto, - Dandim 0815 Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima, SH., menghadiri acara puncak Purwasura Ke-7 yang berlangsung di Lapangan Dusun Rembu Tengah, Desa Japanan, Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Senin (1/7/2019) malam.

Dalam sambutannya, Dandim 0815 mengatakan, keberagaman suku bangsa, bahasa, adat istiadat, budaya dan agama berhasil dipersatukan oleh Pancasila sebagai dasar negara.

Dandim juga mengajak sekaligis mengingatkan kembali untuk menghargai dan menghormati jasa para pahlawan dan pendahulu bangsa termasuk nilai-nilai sejarah dan budaya bangsa yang telah diwariskan harus dilestarikan.

Pada kesempatan tersebut, Dandim sangat mengapresiasi kiprah Saudara Purwanto atau yang dikenal Pak Breng, yang rajin melakukan penelusuran sejarah dan budaya peninggalan leluhur di jaman kerajaan nusantara.

"Hal ini merupakan sinyal positif bagi kita utamanya generasi muda agar tetap mempelajari sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Semoga ke depan akan lahir Pak Breng Pak Breng baru yang konsisten dalam menjaga kelestarian sejarah dan budaya," harap Dandim.

Sebelum memberikan sambutan, Dandim 0815 dengan didampingi Danramil Kemlagi dan Babinsa Japanan Pelda Ayub Mattalean, didaulat untuk memimpin pengucapan Pancasila yang ditirukan peserta Purwasura dan segenap undangan.

Selain Dandim 0815, sambutan juga disampaikan oleh Kadisparbud Propinsi Jatim Drs. Sunarto, MM., dan Wakil Bupati Mojokerto yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Mojokerto, H. Agus M Anas ES., SH., MM.

Pada acara tersebut, pihak penyelenggara menyajikan cerita singkat sejarah Hari Besar Purwosuro dan Budaya Majopahit, dilanjutkan do'a oleh tokoh lintas agama, Pentas Tari Budaya dari Bali, Sunda, Kalimantan dan Kolaborasi Tarian Majopahit serta pagelaran wayang kulit sebagai penutup acara.

Hadir dalam kegiatan, Danrem 082/CPYJ diwakili Pasikomsos Ster Mayor Inf Nuryakin, S.Sos., Kapolres Mojokerto Kota diwakili Kapolsek Kemlagi, Camat Kemlagi, Kades Japanan beserta perangkat desa, Perwakilan Budaya dari Bali Sumatera, Mataram, Kalimantan dan Sunda serta Masyarakat Desa Japanan dan sekitarnya.

Untuk diketahui, sebelumnya, Senin (1/7) siang, di lokasi yang sama dilaksanakan Kirab Kaluhuran Pusaka Gulo Klopo Mojopahit yang dihadiri Dandim 0815 dan Forkopimda. Bahkan sejumlah satu SST Personel Kodim 0815 dilibatkan sebagai petugas pengusung Peti Bendera Merah Putih dan Petugas Pengamanan.
Sudah dilihat 30 kali

Komentar