7 Bocah di Bogor Patungan Beli Hewan Kurban dengan Uang Jajan

67678 medium img 20190723 wa0009
Oleh : Husnul Khatimah

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Warga Bogor dibuat takjub oleh 7 anak yang mampu membeli hewan kurban dengan cara menyisihkan uang jajan mereka. Informasi ini awalnya beredar di media sosial saat mereka membeli seekor sapi di Dramaga seharga Rp19.500.000.

Tujuh anak yang mempunyai cerita inspiratif itu ternyata tinggal di Kampung Arido, RT 01 RW 05, Kelurahan Cibogor, Bogor Tengah, Kota Bogor. Mereka adalah Abu Bakar (13), Zhilal (11), Sauqi (11), Fauzan (11), Sukatma (12), Zalfa (12) dan Yudi (18).

Salah seorang anak, Abu Bakar mengatakan bahwa dirinya bersama 6 temannya menabung sejak 10 bulan lalu. Ingin berbagi dan mendapat pahala menjadi alasan ketujuh anak ini rela menyisihkan uang jajan mereka.

"Pengen berbagi, dapat pahala. Ketika lihat orang bisa berkurban pengen berkurban juga, sehari ngumpulin Rp10.000 satu orang," ujar Abu Bakar, Selasa (23/7/2019).

Abu yang masih duduk dibangku kelas 3 SMP ini mengaku selain menyisihkan uang jajan dirinya juga membantu sang kakak berjualan bensin eceran ketika liburan sekolah kemaren.

"Buat nambah-nambah tabungan, ikut jualan bensin pom mini punya kakak waktu liburan sekolah, sehari dapat Rp15.000, bantu jagain saat kakak mau solat dari jam 12.00- 12.30 WIB," kata Abu.

Sementara Abu membantu sang kakak berjualan bensin, maka teman-temannya yang lain konsisten menabung dengan kisaran Rp5.000 hingga Rp15.000 setiap harinya. Uang itu dimasukan ke dalam sebuah buku tabungan.

Yani Haryani yang merupakan orangtua dari Fauzan, mengatakan tabungan buat hewan kurban yang dikumpulkan oleh 7 bocah itu berawal dari keinginan untuk menabung uang semata.

"Awalnya bilang ke ibu, bunda kita mau nabung, ya silahkan tabung. Abu Bakar kemudian ngajak teman-temannnya ikut nabung, kemudian jadinya tabungan itu digunakan buat kurban," katanya.

Awalnya, kata Yani, ada sebanyak 15 anak yang ikut menabung namun dalam perjalanan hanya 7 orang yang akhirnya konsisten menyisihkan uang jajan mereka untuk mendapatkan hewan kurban.

"Pasti banggalah, senang, awalnya memang ada 15 orang tapi ada yang mundur, tapi Alhamdulillah ada tujuh orang masih bertahan, dan bisa mengumpulkan tabungan," tukasnya.

Sudah dilihat 43 kali

Komentar