6 Minuman Ini Dijamin Ampuh Untuk Menghangatkan Tubuhmu Saat Musim Hujan

21323 medium 920e6bb6602a77016d9f83272ca60635
1. Sekoteng, Sekoteng adalah minuman asli Jawa Tengah berasa jahe yang biasa dihidangkan panas. Bahan lain yang biasanya dicampur ke dalam minuman sekoteng adalah kacang hijau, kacang tanah, pacar cina, dan potongan roti. Sekoteng biasa dihidangkan pada malam hari. Sekoteng biasanya dijual keliling dengan menggunakan gerobak pikul. Satu sisi untuk panci air jahe beserta kompornya sedangkan sisi lain adalah tempat bahan campuran dan tempat mempersiapkan sekoteng. Sekoteng bisa menjadi salah satu pilihan utama minuman di musim hujan apalagi jika dinikmati bersama keluarga di rumah saat sedang hujan.
2. Wedang Ronde, Wedang Ronde (atau sering disingkat hanya "ronde") merupakan minuman tradisional asli dari Jawa selain jamu dan dawet. "Wedang" dalam Bahasa Jawa berarti "minuman". Sedangkan Ronde adalah adonan khusus yang terdiri dari campuran tepung beras dan gula merah berbentuk bulatan-bulatan dan dibagian dalamnya berisi kacang yang dihancurkan. Untuk membentuk Wedang Ronde, adonan ronde ini dicelupkan ke dalam air jahe yang masih panas. Dua komponen tersebut (air jahe dan ronde) adalah bahan utama pembentuk Wedang Ronde. Meskipun demikian , Anda dapat menambahkan bahan lain untuk menambah aroma dan penampilan seperti kolang kaling, irisan roti berbentuk dadu, atau kacang tanah. Air jahe dibuat dengan cara merebus jahe yang dihancurkan, gula merah (atau gula kelapa) dan daun sereh hingga mendidih Setelah itu, adonan Ronde dicelupkan dalam air jahe tersebut hingga mengapung. Wedang Ronde sangat cocok di konsumsi saat cuaca dingin atau musim penghujan. Dengan mengkonsumsi Wedang Ronde, sekujur badan, terutama tenggorokan, dada dan perut terasa sangat hangat. Selain itu, wedang ronde juga sangat bagus untuk kesehatan dan meningkatkan stamina.

3. Bir Pletokot, Bir pletok adalah minuman penyegar yang dibuat dari campuran beberapa rempah, yaitu jahe, daun pandan wangi, dan serai. Minuman tradisional ini dikenal di kalangan etnis Betawi. Agar warnanya lebih menarik, orang Betawi biasanya menggunakan tambahan kayu secang, yang akan memberikan warna merah bila diseduh dengan air panas. Walaupun mengandung kata bir, bir pletok tidak mengandung alkohol. Minuman ini berkhasiat untuk memperlancar edaran darah. Masyarakat Betawi banyak mengonsumsinya pada malam hari dan saat musim hujan sebagai penghangat.

4. Wedang Tahu, Wedang Tahu terbuat dari susu kedelai yang dicampur dengan air garam dan bubuk agar-agar yang dimasak sehingga menjadi kembang tahu atau tahu sutera, yang akan dijadikan sebagai isi dari wedang tahu tersebut. Ada kesamaan rasa dalam kuah wedang tahu ini dengan wedang ronde, hanya saja yang membedakan adalah wedang ronde terdiri dari beberapa macam komposisi yang penuh warna, sedangkan wedang tahu sendiri hanya minimal warna saja, namun soal rasa tak beda jauh. Penjual wedang tahu biasa menjajakannya dengan pikulan atau berada di pinggir jalan, dan untuk menarik perhatian para calon pembeli, mereka membunyikan piranti musik teng-teng berukuran mini dengan pemukul dari kayu. Minuman ini berkhasiat sebagai penghangat tubuh dan sangat cocok bila dinikmati pada musim hujan, pada pagi ataupun sore hari.

5. Hot Lemon Tea, Hot lemon tea ternyata tak hanya minuman yang mengandung jahe saja yang bisa digunakan untuk menghangatkan badan. Contohnya, hot lemon tea. Perpaduan antara teh dan lemon tea bisa digunakan sebagai salah satu minuman penghangat di musim hujan. Cara membuatnya pun mudah, cukup membuat teh hangat seperti biasa lalu dicampur dengan perasaan lemon.

6. Hot chocolate coffee, Bagi penikmat cokelat dan kopi ternyata bisa lho mencampurkan kedua jenis minuman hangat ini untuk menemani waktu sore. Apalagi di saat musim hujan telah datang. Perpaduan antara coklat dan kopi bisa menjadi salah satu pilihan utama untuk menghangatkan badan. Kamu dapat membuatnya dengan sangat mudah dan praktis, caranya masukkan gula, coklat bubuk dan kopi bubuk lalu aduk dengan rata. Setelah itu lalu tambahkan susu kental manis dan jangan lupa aduk rata kembali. Untuk lebih menghangatkan badan masukkan dahulu ke dalam microwave selama 1 menit agar semua rasa menjadi satu.

Nah, demikian minuman penghangat yang bisa menjadi rekomendasi bagi kamu saat musim hujan datang. Minuman tersebut juga dapat menjaga kondisi badan kamu tetap fit dicuaca hujan sekalipun. Apakah kamu tertarik mencoba salah satunya?

sumber : https://www.vebma.com/ Katharina Dita

Komentar