5.006 Warga di Jakbar Terserang TB

Warga AtmaGo  di  Kembangan, Jakarta Barat
31 May 2016, 14:22 WIB
26 1 112
Gambar untuk 5.006 Warga di Jakbar Terserang TB
Ini adalah laporan dari warga di wilayah kejadian. Harap berhati-hati dan selalu waspada. Jika butuh bantuan, hubungi  112
Sebanyak 5.006 warga di Jakarta Barat terserang penyakit tubercolosis (TB). Untuk itu, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat memberikan perhatian serius untuk mewaspadai penyakit mematikan itu.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat, Dewi Satiasari mengatakan, penyebab utama warga di Jakarta Barat mengidap TB karena rendahnya kesadaran masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih disetiap lingkungan.

"Sedangkan faktor lain yang mempercepat proses penularan TB yakni kondisi lingkungan kumuh dan kotor, sirkulasi udara dan asupan gizi buruk, padien TB saat batuk meludah sembarangan, perokok dan lain-lain," kata Dewi.

Ia mengatakan, sekitar 4.000 dari 5.006 penderita TB di Jakarta Barat saat ini secara rutin berobat di Puskesmas yang tersebar di delapan kecamatan. Sedangkan, sisanya sekitar 1.000 lebih penderita TB menjalani perobatan di rumah sakit pemerintah maupun swasta.

Dewi mengungkapkan, pihaknya terus berupaya melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan TB diantaranya memperkuat jejaring public private mix TB dengan rumah sakit pemerintah, swasta, klinik dan puskesmas.

"Kami juga Memperluas penjaringan ke seluruh RW yang memiliki banyak angka kasus TB dan sosialisasi ke masyarakat serta meningkatkan pengetahuan seputar TB bagi petugas rumah sakit, klinik dan puskesmas," ungkapnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga menjalin kerja sama dengan berbagai profesi untuk mensosialisasikan Peraturan Gubernur terkait penanggulangan TB.

"Rencana ke depan akan membentuk gerakan dukungan daerah (gerduda) tingkat Jakarta Barat bersama walikota dan jajarannya," tandasnya.

  1 Komentar untuk 5.006 Warga di Jakbar Terserang TB

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar