45 Kilometer Jalan di Bogor Diterangi PJU Tenaga Surya

20 March 2019, 7:51
1 0 77
Gambar untuk 45 Kilometer Jalan di Bogor Diterangi PJU Tenaga Surya
Oleh: Husnul Khatimah

CIAMPEA, AYOBOGOR.COM -- Setidaknya sepanjang 45 kilometer jalan di Kabupaten Bogor kini telah diterangi oleh lampu penerangan jalan umum (PJU) Tenaga Surya setelah diresmikan oleh Menteri Energi Sumber dan Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, di Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Rabu (20/3/2019). Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan Kementerian ESDM, Harris mengatakan PJU Tenaga Surya tersebut terpasang di 900 titik di Kabupaten Bogor.

"Khusus Bogor 900 titik itu memberikan penerangan sejauh 45 kilometer dan mudah-mudahan 2019 ini masih ada tambahan," ujar Harris di sela peresmian.

Dia mengatakan PJU Tenaga Surya ini tersebar di 39 kecamatan di Kabupaten Bogor. Pemasangan ini merupakan bagian dari program PJU Tenaga Surya Kementerian ESDM tahun 2018 yang ditarget sebanyak 21.839 titik dan tersebar di 166 kabupaten atau kota di 26 provinsi.

"Untuk PJU TS di Kabupaten Bogor anggaran untuk satu PJU Tenaga Surya itu mencapai 18 juta," kata Harris.

Dia menjelaskan PJU Tenaga Surya adalah lampu penerangan menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energi dan terintegrasi dengan baterai. Komponen PJU Tenaga Surya terdiri dari lampu LED dengan 40 watt, lumen 7.064. 1 watt terdiri atas 162 lumen.

"Ini adalah tingkat terang lampu yang sangat baik. Semua listrik yang dibutuhkan untuk menyalakan lampunya itu dari panel surya tidak ada terhubung listrik PLN sehingga tidak ada tagihan PLN," kata Harris.

Sementara itu Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengatakan 900 titik PJU Tenaga Surya yang dipasang ini akan didayagunakan di 176 desa dalam 39 kecamatan di Kabupaten Bogor.

"Selanjutnya masih banyak kawasan yang belum mendapatkan penerangan jalan dan Kabupaten Bogor mengajukan 2019 ke menteri ESDM sebanyak 2000 titik di 40 kecamatan," kata Iwan.

Menurutnya PJU Tenaga Surya ini selain bermamfaat untuk meningkatkan keamanan dan penerangan masyarakat dalam beraktivitas juga dipercaya akan menurunkan angka kriminalitas serta memberikan dampak signifikan bagi efisiensi pengeluaran dana karena tidak perlu membayar listrik ke PLN.

"Saya imbau masyarakat untuk ikut merawat dan mengawasi PJU Tenaga Surya ini yang merupakan fasilitas bagi kita bersama-sama," ujar Iwan.

  Komentar untuk 45 Kilometer Jalan di Bogor Diterangi PJU Tenaga Surya

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!