30 tahun Kali Bekasi Tidak Dikeruk

41536 medium kali bekasi
SUDAH 30 tahun Kali Bekasi tidak dikeruk. Hal itu membuat pendangkalan akibat lumpur yang mengendap. Kini, kedalaman Kali Bekasi hanya dua meter, dari sebelumnya 10 meter lebih.

"Ya sudah puluhan tahun tidak dikeruk, ada 30 tahun lebih. Sekarang paling kedalaman kali hanya dua meter," kata Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi, Mas Sriwati, Senin (3/12/2018).

Sriwati mengungkapkan, akibat pendangkalan tersebut, sejumlah wilayah Kota Bekasi dilanda banjir.

"Ya itu tadi, kalau hujan deras dan air kiriman dari Kali Cikeas dan Cileungsi ya sering kali meluap, menyebabkan banjir di sejumlah wilayah bantar Kali Bekasi," ungkapnya.

Untuk itu, lanjut Sriwati, pihaknya sudah sering kali meminta Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung dan Cisadane (BBWSCC) sebagai pemegang wewenang Kali Bekasi untuk direhabilitasi.

"Kita sudah komunikasi dengan BBWSCC karena wewenangnya. BBWSCC itu di bawah pemerintah pusat Kementerian PUPR. Kalau kita hanya sebatas perawatan saja, seperti angkut sampah di kali," tuturnya.

Sementara, Kepala BBWSCC Bambang Hidayah mengungkapkan, tidak kunjung dikeruknya Kali Bekasi dikarenakan keterbatasan anggaran yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada instansinya.

"Iya, memang idealnya kami terima Rp 4 triliun untuk melakukan restorasi keseluruhan. Tapi karena kita dapat anggarannya sedikit-sedikit, jadi kita kerjakan yang prioritas terlebih dahulu," paparnya.

baca selengkapnya di:
http://wartakota.tribunnews.com/2018/12/03/30-tahun-tak-dikeruk-kedalaman-kali-bekasi-tinggal-dua-meter
Sudah dilihat 24 kali

Komentar