25 MANFAAT SAWI PAGODA UNTUK KESEHATAN

27914 medium post 37097 88f073cf c00e 4039 931d a612ede23da5 2018 07 10t17 27 55.140 07 00
Sawi pagoda memang menggoda, dari bentuk daunnya saja sudah menarik dan bulat sepintas mirip bola berwarna hijau.
Sawi Pagoda adalah salah satu jenis sawi yang memiliki bentuk daun yang unik. Daunnya cembung dan banyak melingkar jika dilihat dari atas. Selain itu daunnya juga tampak bergelombang menonjol di permukaannya. Jenis sawi ini jarang ditemui di pasaran. Meski mulai ada juga petani Indonesia yang membudidayakannya, hanya saja persebarannya tak sebanyak jenis sawi lainnya.
Sawi Pagoda memiliki beberapa sinonim nama, yaitu: Tatsoi dan Ta Ke Cai. Terdengar seperti nama dari bahasa Jepang dan China karena memang pada dasarnya tanaman sayur sawi-sawian atau sayur bermarga brassica ini awalnya populer di negara-negara Asia Timur itu, terutama China. Sawi Pagoda juga sering disebut sebagai sayur pagoda saja, tanpa embel-embel nama sawi.
Manfaat dan Khasiat Sawi Pagoda
Manfaat Sawi Pagoda untuk kesehatan ada banyak sekali. Di antaranya mengandung vitamin B kompleks yang merupakan sekelompok vitamin B, yang antara lain terdiri dari Niacin, Asam Folat, dan Ribovlafin. Dengan mengonsumsi sayur yang kaya dengan Vitamin B kompleks ini diyakini anda akan memiliki tubuh yang bugar. Di bawah ini sudah kami sajikan daftar manfaat Sawi Pagoda untuk kesehatan:
1. Kandungan Protein Nabati untuk Pertumbuhan Otot
Protein yang terkandung di dalam sayuran sawi pagoda ini adalah jenis protein nabati. Yang mana diyakini akan bisa mendukung tubuh anda dalam hal membesarkan massa otot. Memang selama ini dalam rangsa membangun bentuk tubuh seringkali kita dapatkan informasi bahwa protein hewani lebih ampun membesarkan otot. Namun, sebenarnya sama saja, protein nabati pun tak kalah berkhasiat.
2. Kaya dengan Zat Besi
Zat Besi juga terkandung dalam sawi pagoda. Sebab, media tanam dari sayuran ini kan memang tanah yang kaya dengan unsur hara seperti zat besi. Ketika anda mendapatkan asupan zat gizi yang cukup, maka tubuh akan meresponnya jadi kekuatan. Anda tak akan merasa lemas dan letih lagi, sebab darah menjadi kaya dengan oksigen dan energi.
3. Mengandung Selenium
Selenium berfungsi untuk membantu memaksimalkan kerja hormon dan enzim yang terdapat di dalam tubuh manusia. Manfaat Sawi Pagoda ternyata bisa memasok selenium ke dalam tubuh anda.
4. Menurunkan Kolesterol
Jika anda adalah seorang pengidap kolesterol, tak ada salahnya buat mencoba khasiat sawi pagoda yang begitu ampuh untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Anda menjadi begitu ringan nanti badannya. Tak lagi pegal-pegal akibat tumpukan kolesterol.
5. Melancarkan Metabolisme Tubuh
Metabolisme adalah sebuah proses penyerapan gizi dari makanan yang dicerna oleh manusia. Proses ini juga ditengarai sebagai pembakaran energi, mengubah zat makanan menjadi energi. Supaya metabolisme tubuh anda berjalan lancar, sebaiknya anda memberikan asupan nutrisi sayuran sawi pagoda yang baik sekali.
6. Mengandung Beta Karoten
Beta Karoten merupakan salah satu varian vitamin A. Dengan memakan sayuran yang mengandung vitamin A beta karoten ini, maka bola mata anda menjadi jernih putih, tak lagi kusam. Pandangan mata anda akan berbinar. Khasiat Sawi Pagoda dapat menyuplai beta karoten ini ke dalam tubuh.
7. Melembabkan Kulit
Kandungan Vitamin A dan air yang melimpah pada Sawi Pagoda dipercaya bisa melembabkan kulit anda. Pada akhirnya kulit terbebas dari gangguan macam pecah-pecah, kering, kasar, dan tua.
8. Membantu Kerja Sum-Sum Tulang Belakang dalam Memproduksi Sel Darah
Sel darah merah diproduksi di sum-sum tulang belakang. Manfaat Sawi Pagoda adalah mengandung asam folat yang baik untuk melancarkan produksi darah di sum-sum tulang.
9. Menghalau Tumbuhnya Sel-Sel Kanker
Asam Glukosinolat yang terdapat pada Sawi Pagoda diyakini betul sebagai protein anti kanker. Jika anda memakannya secara rutin, maka anda akan terbebas dari sel-sel kanker.
10. Mempercepat Pembekuan Darah Saat Tubuh Terluka
Adanya vitamin K di dalam sawi pagoda sangat menguntungkan karena bisa mempercepat proses pembekukan darah. Maka jika anda terluka, bakal cepat kering lukanya
11. Mencegah Penuaan Dini
12. Melancarkan Pencernaan
13. Membuat Aliran Darah Jadi Lancar
14. Mengurangi Resiko Kanker Serviks
15. Mengatasi Maag
16. Mencegah Sakit Maag
17. Mengurangi Nyeri
18. Menurunkan Demam
19. Mengobati Radang
20. Menguatkan Tulang dan Gigi
21. Mencegah Gigi Keropos
22. Mencegah Kerusakan Tulang Penyangga Gigi
23. Meningkatkan Kinerja Otak
24. Menenangkan Sistem Syaraf yang Tegang
25. Stabilkan Mood yang Sedang Buruk
Itulah 25 manfaat sawi pagoda, untuk benih atau seed bisa didapatkan di toko pertanian atau bisa menghubungi GEMAponik Subang. Mau?
Sudah dilihat 65 kali

Komentar