14 Obat Tradisional Migrain Termujarab

Header illustration

Migrain merupakan jenis sakit kepala yang cukup mengganggu di mana nyeri denyutannya hanya terjadi di satu sisi kepala saja. Sering sakit kepala migrain tentunya perlu segera diperiksakan, namun apabila Anda ingin menyembuhkannya secara alami tanpa obat kimia, obat tradisional migrain berikut bisa menjadi pertimbangan Anda.



1. Jahe

Telah dibuktikan oleh sebuah hasil studi di tahun 2013 oleh Phytotherapy Research bahwa jahe diindikasikan mampu menjadi obat yang baik dan ampuh bagi penderita migrain. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa membuat teh jahe beberapa kali dalam sehari sampai migrain mereda. Efek dari jahe ini sama seperti ketika Anda menggunakan obat NSAIDS atau pereda nyeri.

Tak perlu takut terhadap efek samping jahe karena selama pemakaiannya tepat dan tak berlebihan, jahe sangat aman untuk tubuh Anda. Atau selain membuat teh jahe, Anda juga bisa mengunyah langsung satu potong jahe mentah yang sudah dibersihkan dan dikupas untuk menangani mual dan meredakan rasa nyeri di kepala.

2. Kopi

Kopi diketahui berkandungan kafein tinggi di mana biasanya justru tidak dianjurkan untuk yang sedang sakit kepala, jadi apakah aman bagi penderita migrain? Secangkir kopi yang kuat justru akan mengurangi sakit kepala akibat migrain. Kafein di dalamnyalah yang akan bertugas menghambat reseptor tertentu yang diketahui mampu menyebabkan migrain.

Supaya menambah efektivitas dari kopi ini, Anda bisa menambahkan jus lemon segar beberapa tetes saja ke dalamnya. Namun memang benar bahwa kafein justru bisa memicu migrain pada beberapa orang, dan terlalu banyak konsumsi kafein bisa menjadikan tekanan darah tinggi muncul. Maka dari itu, perhatikan juga kondisi tubuh Anda sebelum benar-benar mengonsumsi kopi sebagai obat migrain.



3. Apel

Buah apel adalah jenis buah bervitamin dan mineral tinggi yang selalu siap menjaga kesehatan Anda sehingga terjauh dari yang namanya penyakit. Supaya mengurangi potensi serangan migrain dan juga gejala-gejala yang mulai tampak, Anda bisa mengonsumsi buah apel. Buah apel bisa dikonsumsi setiap hari pada dasarnya dan tak harus menunggu Anda sakit lebih dulu.

Khusus untuk membebaskan Anda dari migrain, pilihlah apel yang warnanya hijau karena diketahui lebih bermanfaat dan mampu memperpendek episode migrain. 1 buah apel hijau setiap hari saja sudah sangat efektif dalam menjaga kesehatan tubuh Anda dan sangat besar khasiatnya dalam mencegah migrain datang.

4. Pijat

Obat tradisional yang juga tepat dan terekomendasi bagi penderita migrain adalah pijat. Pijat bagian kepala akan mengurangi keluhan rasa nyeri denyutnya. Tak hanya itu saja, kabar baiknya lagi adalah bahwa pijat juga sangat efektif dalam meningkatkan aktivitas serotonin serta menstimulasi reseptor serotonin tertentu. Dengan begitu Anda akan merasa lebih baik dan serangan migrain pun bisa berkurang.

Dalam melakukan pijatan, Anda dianjurkan untuk memijat dengan menggunakan 2 jari saja di bagian kepala yang sakit dengan arah memutar. Sambil memijat, Anda perlu mengingat bahwa ada titik-titik tekanan pada lokasi tertentu, khususnya pada bagian sudut mata, tengah dahi atau antara alis, serta dasar tengkorak.



5. Minyak Wijen

Jika ingin obat yang aman dalam menyembuhkan migrain, cobalah menggunakan minyak wijen yang dijamin juga alami. Dalam menggunakannya, siapkan 2 sendok makan minyak wijen dan pastikan dicampur dengan bubuk kapulaga serta bubuk kayu manis masing-masing 1 ½ sendok teh. Campuran kemudian dioles di bagian dahi sambil memijatnya.


6. Kamomil

Pada kamomil diketahui ada kandungan-kandungan baik seperti antispasmodik, anti-inflamasi dan juga penenang alami sehingga migrain pun akan mereda secara alami. Pada umumnya, teh kamomil adalah solusi bagi migrain selain menjadi cara mengatasi stres secara ampuh. Teh kamomil ini juga tak sulit dalam meramunya.

Masukkan 2-3 sendok teh bunga kamomil kering ke dalam secangkir air panas untuk Anda seduh beberapa menit. Tambahkan pula madu serta jus lemon secukupnya dan kemudian saring sebelum teh diminum 3-4 kali dalam sehari. Migrain dijamin akan membaik bila melakukan metode pengobatan ini secara rutin dan telaten.



7. Cabai Rawit

Untuk mengatasi migrain dengan obat tradisional, tak perlu sulit-sulit karena Anda bisa memakai cabai rawit dalam usaha melancarkan kembali sirkulasi darah. Tingkatkan aliran darah dengan memakai cabai rawit ini supaya migrain cepat hilang juga. Di dalam cabai rawit juga ada kandungan capsaicin yang akan menjadi pereda nyeri secara natural tanpa efek samping.

Dalam penggunaannya, Anda hanya membutuhkan bubuk cabai sebanyak 1 sendok teh ke dalam 1 cangkir air hangat. Setelah itu, boleh juga ditambahkan dengan jus lemon atau madu murni sesuai kebutuhan supaya lebih ada rasa nikmatnya. Minumlah secara rutin sampai Anda benar-benar merasa baikan dan nyeri di kepala hilang sepenuhnya.

8. Peppermint

Pada peppermint ada kandungan anti-inflamasi tinggi yang akan menenangkan bagian saraf penderita migrain. Bahkan dari aroma peppermint saja sudah sangat membantu dalam mengurangi rasa sakit di kepala akibat migrain. Cukup minum teh peppermint yang sudah ditambah madu secara rutin dan Anda bisa mengulangi metode pengobatan ini seperlunya sampai benar-benar pulih.



9. Cuka Sari Apel

Selain menjadi obat ampuh bagi darah tinggi dan kolesterol tinggi, cuka sari apel juga mampu menjadi obat bagi penderita migrain. Cukup tambahkan ke segelas air biasa sesendok makan cuka sari apel organik. Setelah tercampur, tambahkan madu murni untuk pemanisnya barulah kemudian bisa Anda minum setiap hari sampai benar-benar sembuh migrain Anda.

Apabila ini kali pertama Anda dalam mengonsumsi cuka sari apel, awali dengan takaran 1 sendok teh lebih dulu saja, dan setelah beberapa hari tambah dosisnya. Selama serangan migrain atau Anda sudah merasakan gejalanya, konsumsilah 2-3 sendok makan cuka sari apel supaya risiko tersebut dapat berkurang.

10. Es Batu

Migrain dapat terjadi karena stres dan ketegangan, maka untuk menjadikan kondisi tubuh lebih baik, Anda bisa coba menggunakan es batu atau ice pack. Rasa nyeri yang mengganggu bisa dihilangkan dengan pemakaian bahan alami sederhana satu ini. Cukup bungkus beberapa kotak es batu dengan kain atau handuk, tempelkan ke bagian kepala yang migrain.

Selama 10-15 menit Anda bisa kompreskan es batu tersebut ke bagian pelipis, belakang leher atau bagian kening Anda dan ulangi bila diperlukan. Anda bisa mencoba melakukannya setiap kali gejala migrain sudah terasa bakal muncul atau bahkan ketika serangan sudah terjadi. Jadi, selalu siap es batu di rumah untuk obat yang mudah.



11. Air Putih

Dalam mengobati migrain, obat tradisional yang bisa Anda gunakan dan paling sederhana adalah air putih. Banyak-banyak minum air putih akan sangat membantu dalam penyembuhan migrain karena pada dasarnya dehidrasi menjadi salah satu pemicu migrain. Ketika tubuh kekurangan cairan, otomatis akan terjadi penyusutan pada jaringan otak.

12. Feverfew

Mungkin masih kurang begitu familiar tentang feverfew di mana sebenarnya daun jenis ini merupakan tanaman herbal yang masih masuk dalam golongan semak. Feverfew ini juga masih 1 keluarga dengan tanaman bunga daisy yang sangat bagus dalam meredakan sakit kepala migrain secara ampuh.


Dari sejak zaman dulu, sudah banyak yang memanfaatkan tanaman feverfew ini sebagai penyembuh beragam penyakit. Ini karena memang di dalam tanaman ini ada terkandung parthenolide di mana perannya adalah sebagai penenang alami untuk otot dan saraf. Senyawa ini jugalah yang baik dalam menjadi penetralisir efek hormon prostaglandin penyebab nyeri di kepala.

Untuk menggunakan daun feverfew sebagai obat, Anda bisa menyediakan 1 sendok teh daun ini yang sudah kering dan campurkan bersama sesendok teh peppermint di segelas air panas. Biarkan selama ½ jam lamanya barulah Anda boleh saring dan minum teh feverfew tersebut dalam kondisi hangat nantinya. Migrain dijamin membaik ketika Anda menggunakannya dengan benar dan rutin.

Selain itu, ada pula obat tradisional yang sudah dalam bentuk kapsul dan bahan utamanya adalah dari daun feverfew ini. Isi dari kapsul tersebut pun terbilang alami karena merupakan feverfew kering yang bisa diminum 50-100 mg per harinya. Karena dalam bentuk suplemen, tetap harus konsultasi ke dokter lebih dulu supaya lebih aman

13. Daun Pegagan

Untuk mengatasi migrain juga bisa mengandalkan daun pegagan di mana Anda bisa siapkan sebanyak segenggaman tangan. Campurkan juga dengan ¼ sendok jintan di dalam segelas air lalu direbus hingga tinggal separuhnya. Ramuan bisa Anda minum atau dijadikan obat gosok untuk bagian kepala yang sakit.

14. Bay

Secara alami, bay akan membantu meringankan migrain karena di dalamnya ada kandungan pathenolide dan bermanfaat sebagai pencegah zat serotonin untuk keluar. Untuk memperoleh rasa nyaman, sakit kepala migrain bisa diatasi dengan bay ini dan Anda bisa membuktikannya sendiri akan hasilnya bila digunakan rutin.


Migrain sebaiknya tidak dibiarkan dan bila gejala sudah muncul, segera coba gunakan obat tradisional migrain yang telah direkomendasikan seperti di atas. Selain menggunakan obat tersebut, jangan lupa untuk senantiasa menjaga kesehatan Anda melalui pola makan yang benar, sehat dan seimbang. Gaya hidup sehat akan dapat mencegah kondisi migrain mudah menyerang.
Halosehat.com

Komentar