100 Pelajar Calon Pemilih Pemula Ikut Sosialisasi Pilkada DKI

6203 medium suasana pembukaan penyuluhan 700x400
Sebanyak 100 calon pemilih pemula yang terdiri dari pelajar SMA dan SMK se-Jakarta Pusat mengikuti sosialisi Pilkada DKI 2017. Penyuluhan yang digelar Kesbangpol berlangsung di kantor Walikota Jakarta Pusat, Kamis (18/8/2016).

Asisten Pemerintahan Jakarta Pusat, Budi Roso, mengatakan sangat mengapresiasi para pelajar yang mengikuti kegiatan yang sangat positif ini. “Kegiatan ini bukan hanya sebagai media pembelajaran tetapi juga ikut mendukung mensukseskan pemilihan Gubernur dan Wagub DKI Jakarta periode mendatang,” ujarnya saat membuka penyuluhan.

Sebagai pemilih pemula, para generasi muda ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan orang tua. Biasanya pemilih pemula lebih kritis, mandiri, indenpenden, dan properubahan. “Namun mereka belum punya pengalaman dalam pemilu/pilkada, maka itu perlu dibekali arti pentingnya pemilu, perilaku politik mereka harus kita bina dengan baik,” jelas Budi.

Para pemilih pemula supaya menggunakan hak pilihnya dengan baik dan bijak. Jangan sampai pesta demokrasi ini diterima oleh para pemilih pemula sebagai suatu kepasrahan, apatis dan tidak peduli. “Corak politik masa depan akan dipengaruhi oleh perilaku politik pemilih pemula,” ujarnya.

Panitia penyelenggara sosialisasi Pilkada 2017, Zainal menambahkan, peserta sosialisasi bagi calon pemilih pemula diikuti sebanyak 100 orang dari SMA dan SMK. “Penyuluhan menghadirkan narasumber dari Kementerian Dalam Negeri RI, Polres Metro Jakpus, KPU DKI Jakarta dan dari Panwaslu. Acara cukup berlangsung satu hari,” papar Zainal.(Poskotanews.com)
Sudah dilihat 159 kali

Komentar