10 Fakta Wisata Dieng Plateau

26981 medium dieng 8
http://kilikili-adventure.com/intermezzo/story/10-info-destinasi-dieng-plateau-jawa-tengah

10 Fakta Wisata Dieng Plateau - Siapa yang belum mengenal keindahan wisata Indonesia? Indonesia memang merupakan Negara yang di anugerahi oleh berbagai macam keindahan dan kekayaan alam di setiap pulau nya. Dari Sabang sampai Merauke banyak sekali kekayaan alam Indonesia mulai dari wisata bahari yang menawan, kebudayaan yang mempesona, sampai beragam kuliner memanjakan lidah. Tak terhitung berapa banyak tempat indah yang bisa dijadikan tujuan wisata bagi para pengunjung baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Salah satu tujuan wisata yang terdapat di Pulau Jawa yaitu Dieng Plateau.

Nama Dieng Plateau pasti sudah tidak asing lagi dikalangan para wisatawan. Dieng Plateau atau yang juga biasa kita sebut dengan DataranTinggi Dieng merupakan kawasan pegunungan yang memiliki keindahan alam yang tak kalah dengan objek wisata lain yang ada di Indonesia. Berikut beberapa Fakta Wisata Dieng Plateau yang wajib diketahui para wisatawan sebelum berkunjung ke tempat tersebut :

1. Dieng Plateau atau Daratan Tinggi Dieng merupakan kawasan vulkanik aktif di Jawa Tengah, yang masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan KabupatenWonosobo. Dieng Plateau terletak di sebelah komplek Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

2. Dieng Plateau sendiri berada di ketinggian 2093 mdpl dan memiliki suhu sekitar 12-20o C pada siang hari dan 6-10o C pada malam hari. Pada musim kemarau suhu di tempat tersebut bisa mencapat 0o C di pagi hari.

3. Nama Dieng berasal dari bahasa Sanskerta Di artinya tempat yang tinggi atau gunung dan Hyang artinya leluhur atau dewa-dewa. Nama tersebut dilatarbelakangi oleh peristiwa pemindahan simbol surga dilakukan Sang Hyang Djagadnata (Bathara Guru) , sebagaimana tertuang dalam SeratParamayoga karya R Ng Ranggawarsito.

4. Di Dataran Tinggi Dieng terdapat Kawah aktif yang merupakan kepundan bagi aktivitas vulkanik di bawah dataran tinggi. Kawah-kawah tersebut di pantau oleh beberapa pos yang ada di Kecamatan Karang tengah.

5. CandiArjuna merupakan salah satu candi yang terdapat di Kompleks Percandian Arjuna yang wajib dikunjungi saat berada di Dieng Plateau ini. Selain Candi Arjuna, di kompleks ini juga terdapat CandiSemar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra.

6. Objek wisata lainnya yaitu Museum Dieng “Kailasa”. Museum ini terdapat 4 bangunan utama yang memiliki koleksi benda-benda cagar budaya, artefak, dan film mengenai Dieng.

7. Salah satu wisata yang terkenal di Dataran Tinggi Dieng yaitu Telaga Warna. Telaga Warna merupakan sebuah telaha yang sering memunculkan nuansa warna merah, hijau, biru, dan putih.

8. Para wisatawan juga bisa menikmati keindahan Sunrise di Bukit Sinkunir. Rasanya kurang lengkap jika berkunjung ke DataranTinggi Dieng tanpa menikmati keindahan alam dan udara sejuk yang berada di Bukit Sikunir

9. Event tahunan yang terdapat di Dieng yaitu Dieng Culture Festival. Event ini merupakan event besar berskala nasional yang memiliki acara inti yaitu meruat anak-anak Dieng berambut gimbal yang dipercaya sebagai titisan Eyang Kolodete.

10. Salah satu kuliner yang terkenal di kawasan Dieng adalah Mie Ongklok. Mie Ongklok merupakan mie rebus khas Wonosobo yang rasa, penyajian, dan cara memasak yang unik dan menggugah selera. Kuliner ini wajib di coba saat berkunjung ke DataranTinggi Dieng.

Berikut 10 Fakta Wisata Dieng Plateau yang wajib di ketahui sebelum Anda berkunjung. Semoga beberapa info diatas dapat menambah pengetahuan Anda ketika berkunjung ke Dieng Plateau bersama orang-orang tercinta. Klik Info Jadwal Reguler Tour Dieng Plateau, Jawa Tengah Setiap Akhir Pekan Jalan. Selamat Berlibur!
Sudah dilihat 43 kali

Komentar