10 Desa di Lebak Bakal Gelar Pilkades

64664 medium p c
Sebanyak 10 desa di Kabupaten Lebak akan melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak. Rencananya, berlangsung pada Agustus-Oktober 2019.

Sebagaimana dikemukakan Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lebak, Firman Arif, tahapan kesiapan pilkades serentak 2019 sudah dilaksanakan. Mulai pembentukan panitia dan pendaftaran calon kades. Untuk proses pendaftaran dilaksanakan akhir Juli 2019, Selasa, 25 Juni 2019.

Dikatakannya, kesepuluh desa yang akan menggelar pilkades yakni Desa Cidadap, Kecamatan Curugbitung, Desa Sukamarga dan Desa Margaluyu, Kecamatan Sajira. Untuk di Kecamatan Banjarsari terdapat dua desa. Sementara di Kecamatan Panggarangan ada Desa Situragen, Kecamatan Bayah Desa Sawarna dan Sawarna Timur serta Desa Wantisari Kecamatan Leuwidamar.

Adapun soal persyaratan calon, jelas Firman, syarat bagi calon kades masih sama seperti sebelumnya. Namun, yang membedakan dan menarik terkait salah satu poin persyaratan calon yang telah berubah, setelah adanya keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menghapuskan persyaratan domisili calon.


Kata dia, untuk persyaratan baku, yakni calon kades minimal memiliki ijazah SMP atau yang sederajat.


Sudah dilihat 44 kali

Komentar