10 Buku yang Harus Kamu Baca Minimal Sekali Seumur Hidup

25133 medium rak buku
Siapa bilang semua buku membosankan? Atmaguys sekalian harus tau bahwa dengan membaca sebuah buku saja dapat mengubah hidupmu loh!

Mungkin banyak dari Atmaguys yang baru ingin belajar menyukai buku merasa bingung karena setidaknya ada 1 judul buku baru yang diproduksi di seluruh dunia dalam waktu satu hari. Jadi bingung harus mulai dari yang mana dulu, ya?

Tahukah kamu bahwa ada judul-judul buku yang terus-menerus dicetak ulang karena buku tersebut dianggap penting dan perlu untuk dibaca turun-menurun dari generasi ke generasi? Buku-buku tersebut, setidaknya wajib kamu baca minimal satu kali seumur hidupmu. Kamu, bisa mulai membacanya dari sini.

1. To Kill The Mockingbird (Harper Lee)

Sepanjang karier kepenulisannya, Harper Lee hanya menulis 2 buku saja. Akan tetapi, kedua buku tersebut kini menjadi dua buku penting yang paling berpengaruh di abad ke-21. Adalah To Kill The Mockingbird dan Go Set A Watchman, 2 karya fenomenal Lee yang telah ribuan kali dicetak ulang dalam berbagai bahasa. Buku yang terinspirasi dari kisah pembunuhan Richard Hickock dan Perry Smith pada tahun 1960 ini juga dinobatkan sebagai buku klasik sastra yang paling berpengaruh di dunia.


2. Emergence (Derek Rydall)

Intropeksi diri berhasil mengubah kehidupanmu. Segala sesuatunya kalau kamu menginginkan suatu perubahan maka mulailah dengan dirimu sendiri. Buku ini memaparkan dengan sangat baik mengenai 7 tahapan perubahan yang bisa kamu lakukan.


3. 1984 (George Orwell)

Buku 1984 adalah karya George Orwell yang pertama kali diterbitkan pada 1949 dan telah menjadi bacaan wajib di banyak sekolah menengah atas dan universitas sejak saat itu. Tidak hanya itu, buku ini juga telah diterbitkan ke segala penjuru dunia dengan terjemahan dalam berbagai bahasa. Kabarnya, buku ini adalah buku best seller sepanjang masa karena telah puluhan kali dicetak ulang.


4. Pride and Prejudice (Jane Austen)

Buku Pride and Prejudice adalah salah satu karya terlaris yang Jane Austen pernah tulis. Setidaknya, telah 20 juta eksemplar buku Pride and Prejudice yang telah diproduksi dan telah tersebar di seluruh dunia. Jane Austen menuangkan detail yang memikat mengenai kaum menengah ke atas pada abad 18. Karakter Elizabeth Bennet dan Fitzwilliam Darcy yang memukau membuat novel ini menjadi salah satu roman paling populer sepanjang masa.


5. As A Man Thinketh (James Allen)

Buku kecil ini merupakan hasil perenungan James Allen, seorang penulis kelahiran Inggris beratus-ratus tahun lalu. Hingga saat ini, pengaruh buku ini masih sangat luar biasa dan dipergunakan oleh banyak orang terutama para pemimpin tentang filosofi keberhasilan dalam hidup.

Buku ini menjelaskan bahwa sumber dari kehidupan anda adalah pikiran anda sendiri. Bahwa pikiran andalah yang menentukan kualitas kehidupan anda seperti apa.

Bahwa pikiran andalah yang akan membentuk karakter dan kebiasaan anda. Yang mengajarkan tentang pentingnya menjernihkan pikiran dan merawatnya dengan baik untuk menghasilkan kualitas kehidupan terbaik dalam kehidupan anda.


6. Serial Harry Potter (J. K. Rowling)

Siapa tak kenal Harry Potter? Ceritanya yang mendunia telah menjadi bahan bacaan para remaja bahkan orang dewasa di seluruh dunia. J.K. Rowling telah berhasil membangun imajinasi dengan sangat apik, seolah-olah kisah tentang para penyihir itu betul-betul nyata. Kisah tentang Harry dan teman-temannya dibagi ke dalam 7 seri buku. Para penggemar berat buku-buku ini pun sampai membuat komunitas dan berbagai barang seperti yang ada di dalam buku,bahkan mendirikan sekolah sihir ala Hogwart loh!


7. Fiesta (Ernest Hemingway)

Fiesta adalah novel pertama karya Ernest Hemingway. Debut pertama peraih nobel sastra di tahun 1954 ini bercerita tentang peristiwa adu-banteng yang memang sangat digemari Ernest Hemingway. Cerita yang ingin ditunjukkan adalah bahwa para pengadu banteng bukan hanya memperlihatkan pertunjukan semata, melainkan tentang perjuangan yang dekat dengan kematian nyaris setiap hari, mereka ditantang untuk mempertahankan makna perburuan kesenangan, perebutan cinta, dan apa yang sesungguhnya benar-benar berarti bagi mereka.


8. Gulag (Aleksandr Isayevich Solzhenitsyn)

Jika sebelumnya, Fiesta adalah buku peraih nobel sastra di tahun 1954, maka Gulagmenjadi semacam penerusnya. Novel Gulag telah meraih penghargaan nobel sastra di tahun 1970. Novel Gulag bahkan disebut-sebut merupakan karya terbaik yang pernah ditulis oleh Aleksandr Isayevich Solzhenitsyn, sastrawan berbakat asal Rusia. Novel ini telah menjadi warisan sastra dunia dan telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, salah satunya bahasa Indonesia.


9. The Name of The Rose (Umberto Eco)

Buku ini telah terjual lebih dari 50 juta eksemplar di seluruh dunia. The Name of The Rosepun dianggap sebagai salah satu karya yang masih berpengaruh hingga saat ini. Penulisnya, Umberto Eco adalah sosok yang penuh wawasan sehingga mampu menghasilkan sebuah karya sefenomenal The Name of The Rose.

Buku ini begitu kental membicarakan banyak hal tentang Abad Pertengahan, mulai dari konflik antara Paus Yohanes dengan Raja Eropa, hingga berbagai jenis upacara keagamaan yang harus rutin dilakukan dalam sebuha biara Katholik.


10. Eat Your Frog, Oleh Brian Tracy

Dalam buku ini, Brian Tracy menekankan pentingnya pengelolaan waktu untuk mencapai hasil dan produktifitas yang sempurna.

Ada beberapa teknik dalam buku ini seperti perencanaan, menuliskan tujuan, fokus, hukum parkinson, hukum pareto yang bisa anda gunakan langsung untuk meringkas segala kegiatan harian anda demi tercapainya produktifitas yang luar biasa. Dalam buku ini anda akan menyadari bahwa aktifitas bukanlah produktifitas. Bahwa waktu yang diberikan kepada setiap orang sama, namun kemampuan kita mengelola tugas harian kita sangat menentukan sekali hasil yang kita raih.


“Jika ingin menghancurkan sebuah bangsa dan peradaban, hancurkan buku-bukunya; maka pastilah bangsa itu akan musnah.”
― Milan Kundera

referensi :
http://blog.mizanstore.com/7-buku-yang-harus-kamu-baca-minimal-sekali-seumur-hidup/

https://career.popbela.com/inspiration/titaflorita/7-buku-keren-ini-bisa-menjadi-sumber-inspirasi-bagimu-lho/full

http://adhierachmanmotivation.blogspot.co.id/2014/06/7-buku-yang-merubah-kehidupan-anda.html

Komentar