WKSBM Wirogunan Terus Menggeliat

24 September 2019, 10:34 WIB
1 0 6
Gambar untuk WKSBM Wirogunan Terus Menggeliat
Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat yang disingkat WKSBM merupakan sistem kerjasama antar keperangkatan pelayanan sosial di akar rumput yang terdiri atas usaha kelompok, lembaga maupun jaringan pendukungnya. WKSB dalam peran dan fungsinya berdasarkan Keputusan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor : 42/HUK/2004 tentang Pedoman Pelaksanaan Pemberdayaan Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat.

WKSBM di Kelurahan Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta terus menggeliat agar keberadaannya berperan aktif dan bermanfaat bagi masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan dengan pertemuan berkala seluruh pengurus dan anggota WKSBM. WKSBM yang berkedudukan di RW 11 Kampung Joyonegaran, Kel. Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta.

Dinas Sosial (Dinsos) Kota Yogyakarta, melakukan pendampingan dan monitoring atas keberadaan WKSBM Kampung Joyonegaran, pada hari Senin (23/9/2019) di Pendopo Wiroguno, Kel. Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta. Pendampingan dinaksudkan agar pengurus dan anggota WKSBM terus bergerak, dan berbuat untuk bermanfaat bagi masyarakat. Bandono Budi Nugroho (Dinsos Kota Yogyakarta) menyatakan bahwa WKSBM terus melakukan identifikasi warganya yang menyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS), mengidentifikasi Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS), menggali Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial dan Menyalurkan dan memanfaatkan bantuan bagi warganya yang menyandang kesejahteraan sosial. "Kegiatan WKSBM bersifat sosial dan dibutuhkan kesadaran dari semua pihak untuk berbuat bagi masyarakat", ujar Bandono.

Lebih lanjut, dalam pendampingan dan monitoring, juga ditegaskan peran dan fungsi WKSBM oleh ibu Prapti dari UPT Sidoarum DIY. Aktivis WKSBM DIY ini menjelaskan bahwa meluangkan waktu untuk berbuat dan bermanfaat bagi masyarakat melalui wadah WKSBM memberikan nilai dan makna tersendiri dalam kehidupan.

Lurah Wirogunan, Anastasia Erwina Siwi dalam sambutanya menekankan pentingnya melakukan pendataan atas PSKS dan PMKS. Perlu kerjasam antara RT, RW dan Tokoh Masyarakat dalam melaksanakan peran dan fungsi WKSBM. "WKSBM RW 11 diharapkan terus bergerak dan berbuat, sebagaimana motto dan penyemangat Warga Kelurahan Wirogunan, yaitu Wirogunan Semarak, yaitu Semangat, Maju bergerak untuk kebaikan masyarakat Wirogunan", kata Ibu Ana Siwi.

WKSBM adalah sistem kerja sama antar keperangkatan pelayanan sosial di masyarakat, baik tokoh masyarakat dan lembaga maupun jaringan pendukungnya, misalnya: Kelompok Usaha Ekonomis Produktif, Kelompok Pengajian, Gabungan Kelompok Tani, RT, RW, Dasa Wisma dan lain-lain. (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#LPMKWirogunan
#TerusBerbuat
#WKSBM
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat

  Komentar untuk WKSBM Wirogunan Terus Menggeliat

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!