[Tips Kesehatan] Cegah Kanker Serviks ala Ira Wibowo

4 December 2017, 20:28 WIB
6 0 97
Gambar untuk [Tips Kesehatan] Cegah Kanker Serviks ala Ira Wibowo
Mantan artis peran yang juga duta kanker serviks, Ira Wibowo, kini aktif di Yayasan Kanker Indonesia. Dalam sebuah seminar kesehatan dia menyampaikan bahwa meningkatnya jumlah penderita kanker serviks disebabkan masih banyaknya kaum perempuan yang tidak mengetahui penyakit tersebut, terutama upaya pencegahannya. Penyebab munculnya penyakit ini adalah “Human Papilloma Virus” (HPV), sedangkan penyebab banyak kematian pada kaum perempuan adalah virus HPV tipe 16 dan 18. Virus ini sangat mudah berpindah dan menyebar, tidak hanya melalui cairan, tetapi juga melalui sentuhan kulit. Melalui seminar tersebut, Ira Wibowo berbagi kiat soal pencegahan salah satu penyakit mematikan tersebut, yaitu:

1. Deteksi dini melalui tes kesehatan dan vaksinasi
Tes medis itu harus dilakukan setahun sekali, sejak pertama kali melakukan hubungan seksual. Sedangkan upaya pencegahan dapat melalui vaksinasi yang dilakukan sejak umur 9 sampai 27 tahun,” ujarnya.

2. Waspada Toilet Umum
Penggunaan toilet (WC) umum yang kondisinya kurang bersih dan sudah terkena virus HPV, dapat menjangkit seseorang yang menggunakannya.

3. Hindari kebiasaan hidup tidak sehat
Kebiasaan hidup yang kurang baik juga bisa menjadi penyebab, seperti merokok, kurangnya asupan vitamin dan asam folat.

4. Setia pada satu pasangan dan menghindari seks bebas
Kebiasaan buruk lain yang dapat menyebabkan kanker serviks, adalah sering berganti-ganti pasangan dalam hubungan intim dan juga melakukan hubungan intim pada usia dini.

  Komentar untuk [Tips Kesehatan] Cegah Kanker Serviks ala Ira Wibowo

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!