Tinggalkan Perdebatan Walaupun Kita Berada Di Atas Kebenaran

Gambar untuk Tinggalkan Perdebatan Walaupun Kita Berada Di Atas Kebenaran
πŸ“£ Sampaikan Dan Jangan Gubris Kicauan Mereka

Ustadz Abu Ubaidah As Sidawi

Diantara kalimat yang sering disampaikan oleh Syaikh al Albani adalah :

Ψ£Ω„Ω‚ ΩƒΩ„Ω…ΨͺΩƒ ΩˆΨ§Ω…Ψ΄

Sampaikan kalimatmu lalu teruslah melangkah.
Ya, tugas kita hanyalah menyampaikan kebenaran dari Al Quran dan As Sunnah demi mencari ridho Allah, baik manusia mau menerima atau tidak mau menerimanya. Itu bukan urusan kita, karena hidayah di tangan Allah semata.

Tidak perlu engkau menanggapi semua cemoohan mereka. Tidak perlu juga engkau habiskan energi dan waktumu untuk menanggapi dan meladeni mereka. Ingatlah selalu pesan Nabi kita :

Ψ£Ω†Ψ§ Ψ²ΨΉΩŠΩ… ببيΨͺ في Ψ±Ψ¨ΨΆ Ψ§Ω„Ψ¬Ω†Ψ© Ω„Ω…Ω† ΨͺΨ±Ωƒ Ψ§Ω„Ω…Ψ±Ψ§Ψ‘ وΨ₯Ω† ΩƒΨ§Ω† Ω…Ψ­Ω‚Ψ§

Saya menjamin sebuah istana rumah di pinggir surga bagi orang yang meninggalkan debat kusir walaupun dia benar. (HR. Abu Dawud dan dihasankan al Albani)

Orang jawa bilang "Seng Waras Ngalah". Apalagi harus meladeni argumen yang isinya hanya celaan dan kata-kata kotor semata, bukan hujjah ilmiah.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata:

فΨ₯Ω† Ψ§Ω„Ψ±Ψ― Ψ¨Ω…Ψ¬Ψ±Ψ― Ψ§Ω„Ψ΄ΨͺΩ… ΩˆΨ§Ω„ΨͺΩ‡ΩˆΩŠΩ„ Ω„Ψ§ يعجز ΨΉΩ†Ω‡ Ψ£Ψ­Ψ― . ΩˆΨ§Ω„Ψ₯Ω†Ψ³Ψ§Ω† Ω„Ωˆ Ψ£Ω†Ω‡ ΩŠΩ†Ψ§ΨΈΨ± Ψ§Ω„Ω…Ψ΄Ψ±ΩƒΩŠΩ† ΩˆΨ£Ω‡Ω„ Ψ§Ω„ΩƒΨͺΨ§Ψ¨: Ω„ΩƒΨ§Ω† ΨΉΩ„ΩŠΩ‡ Ψ£Ω† ΩŠΨ°ΩƒΨ± Ω…Ω† Ψ§Ω„Ψ­Ψ¬Ψ© Ω…Ψ§ ΩŠΨ¨ΩŠΩ† Ψ¨Ω‡ Ψ§Ω„Ψ­Ω‚ Ψ§Ω„Ψ°ΩŠ Ω…ΨΉΩ‡ ΩˆΨ§Ω„Ψ¨Ψ§Ψ·Ω„ Ψ§Ω„Ψ°ΩŠ Ω…ΨΉΩ‡Ω…". "Ω…Ψ¬Ω…ΩˆΨΉ الفΨͺΨ§ΩˆΩ‰" ( 4-186).

Membantah hanya dengan mencela dan umpatan maka semua orang juga bisa. Seorang yang hendak membantah orang musyrik dan ahli kitab saja harus menjelaskan hujjah yang menjelaskan kebenaran dan membongkar kebathilan mereka. (Majmu Fatawa 4/186)

Tinggalkan debat kusir. Kembalikan semua permasalahan kepada dalil. Yuk, kembali sibukkan diri dengan ilmu, ilmu dan ilmu agar kita bisa membedakan antara yang benar dan salah.

Janganlah kecintaan kita kepada seseorang menjadikan kita meninggalkan dalil.
Tanda ahli sunnah wal jamaah itu meninggalkan omongan manusia demi dalil, sedangkan ahli bidah mereka meninggalkan dalil demi ucapan seorang.


Link :

http://surabayamengaji.com

@surabayamengaji

@tutut.ummuaqilasabira

  Komentar untuk Tinggalkan Perdebatan Walaupun Kita Berada Di Atas Kebenaran

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!