SMP Al Azhar Cibinong Simulasi Gempabumi di Sentul

6 September 2019, 15:58
2 0 24
Gambar untuk SMP Al Azhar Cibinong Simulasi Gempabumi di Sentul
Belajar kesiapsiagaan menghadapi bencana harus dibangun sejak dini. Kesiapsiagaan seluruh anggota keluarga harus menjadi sikap dan perilaku sehari-hari. Cara berpikir dan bertindak menghadapi bencana akan secara otomatis berlaku, ketika pendidikan dan pelatihan kebencanaan sudah tertanam dalam setiap individu. Sebanyak 72 Siswa SMP Al Azhar Cibinong pada hari ini, belajar membangun kesiapsiagaan menghadapi gempabumi dan ancaman bencana lainnya dengan mengunjungi Indonesia Disaster Relief Training Ground (Ina-DRTG) Sentul (6/9).

Siswa sekolah dengan guru pendamping, mendapatkan kiat-kiat tindakan ketika mengalami guncangan gempabumi. Selain itu siswa sekolah juga belajar mengorganisasikan proses evakuasi secara berkelompok dengan menunjuk Kapten Keselamatan. Pengalaman lain yang dibagikan kepada Siswa Al Azhar di Sentul hari ini, mereka secara bergantian merasa fenomena guncangan gempabumi pada rumah simulasi gempabumi di Gudang Logistik Ina-DRTG dan sekaligus mempraktekkan mitigasi praktis Drop, Cover and Hold on.

Selain diperkenalkan fasilitas yang ada, para siswa juga mendapatkan penjelasan ilmu pengetahuan kebencanaan melalui diorama bencana di Pusat Pendidikan dan Pelatihan PB, diantaranya bagaimana melakukan Drop, Cover and Roll ketika terkena api, dan Get Down, Get Low and Get Out untuk segera evakuasi saat terjadi kebakaran. Melindungi diri ketika ada ancaman erupsi gunung Salak, memproteksi diri saat terdampak kebakaran hutan dan lahan serta memperkenalkan symbol-simbol ancaman bencana, jalur evakuasi, titik kumpul dan lainnya.

Pengalaman gempabumi yang pernah dirasakan di wilayah Cibinong, Bogor dan sekitarnya hingga kedahsyatan tsunami banten yang lalu, mendorong SMP Al Azhar ini untuk belajar bencana di Sentul. Pusat Pendidikan dan pelatihan Penanggulangan Bencana merupakan salah satu wadah pembentukan karakter siapsiaga masyarakat Indonesia yang memang tinggal di wilayah rawan bencana untuk membangun budaya sadar bencana. BNPB berharap pembelajaran singkat ini, mendorong para pengurus sekolah-sekolah untuk mem-programkan latihan maupun simulasi secara rutin sebagai wujud siswa dan guru-gurunya siapsiaga menghadapi bencana.

BNPB menghimbau agar setiap sekolah dapat menyediakan waktu tetap untuk mengimplementasikan mitigasi praktis dilingkungan sekolahnya.

#LatihanSiagaBencana#BudayaSadarBencana#SiapUntukSelamat.

Sumber: Humas BNPB

  Komentar untuk SMP Al Azhar Cibinong Simulasi Gempabumi di Sentul

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!