Padukuhan Kentungan sebagai salah satu Padukuhan yang responsif gender

11 January 2019, 19:21 WIB
0 0 71
Gambar untuk Padukuhan Kentungan sebagai salah satu Padukuhan yang responsif gender
Sebagai salah satu Padukuhan yang dijadikan sampel dalam Program PUG, kini padukuhan Kentungan ditetapkan sebagai sah satu padukuhan yang responsif gender.
Selain karena dipimpin oleh seorang dukuh wanita yang saat ini dijabat oleh Ibu Suhartini, namun dalam implementasi kegiatannya pun sudah mengakomodasi berbagai aspek kebutuhan masyarakat, mulai dari tingkat balita sampai dengan lansia, bahkan penyandang cacat dan ABK lainnya.
Dari lansia, ada 2 Posyandu Lansia dan Posbindu, yaitu Asparagus 1 dan Asparagus 2. Untuk remaja, ada Bina Keluarga Remaja, untuk anak-anak difasilitasi dengan 2 Satuan PAUD Sejenis di Padukuhan Kentungan, yaitu Asparagus Kentungan dan Asparagus 2, belum lagi sekolah formal dari jenjang TK dan SD. Sedang kegiatan Bina Keluarga Balita terintegrasi dengan kegiatan Posyandu, PAUD, SDIDTK, UKGMD, Pojok Laktasi dan KP Ibu
Ada bank sampah, dan Kelompok Wanita Tani.
Untuk warga disabilitas pun, mendapatkan perhatian tersendiri dari Pemerintah Desa Condongcatur dan masyarakat Kentungan pada khususnya. Baik itu keterbatasan dari segi fisik maupun non fisik.
Bangunan ibadah pun sudah dirancang, agar para kaum difabel dapat masuk ke masjid tanpa mengalami kesulitan yang berarti, meski belum sempurna sepenuhnya. Namun tekad untuk selalu berbenah ke arah yang lebih baik, senantiasa terpatri dalam sanubari masyarakat Kentungan, sehingga benar-benar mewujudkan padukuhan yang responsif gender tidak hanya slogan semata

  Komentar untuk Padukuhan Kentungan sebagai salah satu Padukuhan yang responsif gender

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!