Nguri Nguri Tradisi Ancak-ancakan di Lingkungan Mojoroto

9 November 2019, 20:06 WIB
6 9 99
Gambar untuk Nguri Nguri Tradisi Ancak-ancakan di Lingkungan Mojoroto
Hari Sabtu tgl 9 November 2019,bertempat di Masjid Baitussalam Lingkungan mojoroto sedang memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Kami warga Lingkungan Mojoroto RT 02 RW 03 berinisiatif untuk menghidupkan kembali tradisi Ancak-ancakan yg sudah lama tidak digunakan lagi,dengan Istilah bahasa Jawanya " Nguri Nguri atau Nguripno ".Sesuai Makna Ancak yang sebenarnya yaitu Kerukunan ,Keguyuban dan Gotong Royong yang merupakan simbol Kepribadian Masyarakat Indonesia.

Walaupun masih belum seberapa yang Nguri Nguri adat ancak-ancakan, Kami berharap untuk tahun kedepannya masyarakat Mojoroto bisa Melestarikan kembali."Wow.... Maulid tahun Iki meriah yo, iling jaman cilikku, manganne kembulan bareng konco konco". Celutuk Ibu Anik.

Besar harapan kami lagi, Untuk kedepannya bisa diadakan Festival Ancak-ancakan dengan iringan puluhan ancak,jodang telur,disertai Hadrah yang di arak mengelilingi Lingkungan Mojoroto tercinta.

  9 Komentar untuk Nguri Nguri Tradisi Ancak-ancakan di Lingkungan Mojoroto

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar

Mbak Ning

Mbak ucik profile tampilno Sucik mariana PKK kalo berkenan, karena tanda tau sosialisasinya dr atmago di acr PKK lingkungan

Mbak Ning

Siap berpartisipasi mbak.. Monggo pun inshaAlloh smoga diberi umur panjang. Lanjutkan..