Warga melaporkan terjadi longsor di Tanjungsari, Bogor

4 0 1516
Gambar untuk Warga melaporkan terjadi longsor di Tanjungsari, Bogor
Ini adalah laporan dari warga di wilayah kejadian. Harap berhati-hati dan selalu waspada. Jika butuh bantuan, hubungi  112
Jalan Raya Penghubung Jonggol Cianjur Longsor, Diduga Karena Aktivitas Galian

MBT - Hujan deras dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Kabupaten Bogor menyebabkan Jalan Transyogi Tanjungsari-Cianjur, Kampung Girijaya RT 008 RW 004, Desa Sirnarasa, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, longsor pada Sabtu (29/02/2020) malam.
Akibatnya, jalur utama Bogor-Cianjur via Jonggol lumpuh total sehingga tidak dapat dilintasi.
Bahkan, longsor di tebing Bukit Girijaya itu juga berdampak pada jembatan dan gorong-gorong yang amblas hingga sekitar 60 sentimeter.

Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Bogor, M Adam Hamdani mengatakan, untuk sementara jalan yang menghubungkan lokasi antar-kecamatan itu ditutup total karena akses jalan terputus.

"Iya benar, longsor di jalan Jonggol-Cikalong (Cianjur) dan jalan putus total akibat longsoran dari bukit (Girijaya) itu dan menutupi jalan sampai sekarang," ujar Adam, Minggu (1/3/2020)
"Karena hujannya deras mengakibatkan tebingan itu bergerak (longsor) setinggi 50 meter dan lebarnya 150 meter hingga menutup akses jalan dan amblasnya jembatan," sambung dia.

Adam menyebut, longsor itu disebabkan hujan dan tanah di bukit yang terdapat galian tersebut labil. Berdasarkan laporan assesmen, lanjut dia, tak ada korban jiwa begitupun dengan rumah warga.
"Korban enggak ada dan penyebabnya karena hujan ditambah lagi tanah di bukit itu tidak stabil," ungkap dia.
Sementara itu, Kapolsek Tanjungsari Iptu Muhaemin menuturkan, upaya serta respons yang cepat dilakukan oleh Polsek Tanjungsari dengan dibantu pihak pemerintah setempat untuk melakukan rekayasa arus lalu lintas yang menuju arah Bogor dan Cianjur secara bergantian.
"Hingga saat ini, kami masih melakukan upaya rekayasa arus lalu lintas dengan dibantu oleh warga setempat dan pihak Pemerintah Kecamatan Tanjungsari, agar tidak terjadinya kemacetan berkepanjangan," tutur dia.


Sumber :

@metrobogortimur

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Infrastruktur

  2. Infrastruktur

  3. Infrastruktur

  4. Infrastruktur


Komentar Terbanyak

  1. 0
    Komentar

    Gempa Bumi

  2. 0
    Komentar

    Infrastruktur

  3. 0
    Komentar

    Infrastruktur

  4. 0
    Komentar

    Infrastruktur