Yuk Kenalan dengan Meditasi

1 0 60
Gambar untuk Yuk Kenalan dengan Meditasi
Apa sih meditasi itu? Meditasi adalah salah satu bentuk teknik relaksasi yang dilakukan dengan cara melatih konsentrasi dan fokus pikiran untuk mendapatkan perasaan tenang dan damai. Dengan bermeditasi dapat menciptakan perasaan tenang dan damai. Aktivitas ini telah terbukti dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan mental, seperti kecemasan, stres, dan depresi.
Ada beberapa jenis mediatasi yang bisa dipraktikkan sesuai dengan kebutuhan anda, antara lain: Meditasi cinta kasih,meditasi pemindaian tubuh atau relaksasi progresif, Meditasi Mindfulness atau meditasi kesadaran saat ini, meditasi kesadaran dan masih banyak lagi jenis meditasi lainnya.

Sebagai pemula, melakukan meditasi bukanlah sebuah hal yang mudah. Untuk itu dibutuhkan sedikit usaha untuk melakukan meditas. Untuk berlatih, Anda dapat bergabung dalam kelas atau kelompok meditasi, maupun mencobanya sesuai cara sendiri. Saat ini banyak sekali kelas meditasi online yang bisa kita ikuti. Misalnya bergabung program Deepak Chopra 21 Days meditation challenge. Sebuah program menantang untuk menjalankan meditasi 21 hari dengan tema yang cukup unik namun sangat sederhana karena di tujukan bagi pemula. Tidak pula menyita waktu yang banyak, karena tugas kesehariannya yang sangat melekat dengan aspek kehidupan sehari-hari serta durasi meditasi yang hanya beberapa menit saja.
Atau jika anda inin melakukan meditasi sendiri, berikut beberapa tahapan cara meditasi yang bisa dipraktikkan:
1. Cari Posisi Ternyaman
Pilih posisi dan tempat paling nyaman untuk melakukan meditasi. Pastikan kita bisa berkonsentrasi dengan baik. Jika berada di ruangan untuk membuat tubuh lebih rileks kita bisa menyalakan lilin dengan aroma terapi, dan matikan lampu agar lebih bisa berkonsentrasi
2. Kenakan Pakaian yang Nyaman
Pakailah pakaian yang nyaman, jangan gunakan pakaian dengan bahan jeans dan ketat. Pasanglah alarm untuk menentukan waktu meditasi, untuk pemula lakukan sesi pendek dahulu selama 5 menit.
3. Buat Tubuh Rileks
Tutup kedua mata dan ambil napas lewat hidung, lalu hembuskan perlahan. Lakukan hal ini selama beberapa menit sampai tubuh benar-benar rileks. Rasakan energi positif masuk ke dalam tubuh dan saat menghela napas bayangkan semua stres atau pikiran yang mengganggu ikut terbuang.
4. Buang semua pikiran negatif
Sembari mengatur napas, buang jauh-jauh juga semua pikiran negatif yang ada. Maka, alam bawah sadar kita secara tidak langsung membantu melepaskan semua energi negatif yang ada di kepala.
5. Fokuskan Perhatian Pada Napas
Fokuskan perhatian pada hal-hal positif. Dengan berkonsentrasi penuh dengan tarikan dan hembusan napas, secara tidak langsung kita akan menyadari bahwa semua pikiran tentang kehidupan sehari-hari bisa hilang dengan sendirinya. Cobalah berkonsentrasi pada napas dengan cara yang nyaman, misal dengan suara napas.
6. Konsentrasi dan jangan mudah terganggu
Selama proses meditasi pasti ada masa di mana kita memikirkan hal-hal lain. Tapi, berusahalah untuk kembali fokus dengan pernafasan kita dan segera buang pikiran-pikiran tersebut.
Itulah beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk meditasi. Meskipun tidak mudah tetapi anda pasti bisa melakukannya.
Selamat Meditasi.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler


Komentar Terbanyak

  1. 4
    Komentar
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar