YBS Palopo Jadi Sasaran Kunjungan Tim Verifikasi KKS Pusat

0 0 291
Gambar untuk YBS Palopo Jadi Sasaran Kunjungan Tim Verifikasi KKS Pusat
PALOPO – Pihak Yayasan Bumi Sawerigading (YBS) Palopo terima kunjungan Tim Verifikasi Kabupaten Kota Sehat (KKS) Pusat di Kantornya Jl. Batara Lattu (Eks Jl. Dr. Ratulangi) No. 92 A, Kelurahan Salobulo, Kecamatan Wara Utara, Kota Palopo, Jumat (1/10/2021) pagi.

Kehadiran Mulyanto YS dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan dr. Aries Hamzah dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) disambut hangat Ketua YBS Palopo, Abdul Malik Saleh bersama Field Coordinator (FC) USAID Madani Palopo, Rahman Dako, dan anggota Forum Belajar Mapaccing (FBM) M. Taufiq Gurahman dan Rustan Santaria.

Kunjungan keduanya dalam rangka melihat langsung proses pengelolaan sampah rumah tangga dengan metode Tong dan Kotak Ajaib Terpadu (TongKAT) Ajaib yang dikelola YBS bersama FBM sebagai inovasi pencegah timbulan sampah rumah tangga di Kota Palopo.

“Tentu besar harapan kita semoga Palopo tercatat sebagai kota yang bersih, aman, nyaman dan sehat untuk dihuni dan bebas dari sampah,” kata Abdul Malik dihadapan Tim Verifikasi KKS Pusat.
Lanjut Ketua YBS, dengan terbebasnya Kota Palopo dari timbulan sampah baik Organik maupun Anorganik, dapat memicu peningkatan disektor lain, seperti kesehatan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakat.

“Melalui inovasi TongKAT ini dimana masyarakat menjadikan sampah menjadi berkah, dimana hasilnya dimanfaatkan sebagai pupuk cair, sampah sebagai kompos dan maggot sebagai pakan ternak dan ikan,” tambahnya.

Diketahui, Program Kabupaten/Kota sehat merupakan suatu kondisi daerah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa kegiatan dalam tatanan yang terintegrasi dan disepakati bersama antara masyarakat dengan pemerintah daerah.

Turut hadir mendampingi Tim Verifikasi KKS Pusat yakni, Tim KKS Palopo, unsur Dinas Kesehatan, Puskesmas Wara Utara, Satgas Kelurahan Sehat, Lurah Salobulo, Camat Wara Utara, RT/RW, Bhabinkamtibmas dan Babinsa. (EK)

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Bukit Seguntang Adalah Ulu Melayu

  2. Penyerahan Bantuan Kursi Roda Kepada Warga


Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar

    Kelurahan Brontokusuman Ramah Anak

  2. 8
    Komentar

    4 KEBUTUHAN ANAK YANG WAJIB DIPENUHI ORANG TUA

  3. 7
    Komentar
  4. 5
    Komentar

    Kehumasan ? Bukan Sekedar Antar Surat