YBS Palopo Bahas Integrasi GESI

1 0 243
Gambar untuk YBS Palopo Bahas Integrasi GESI
PALOPO -- Diskusi integrasi Inklusi Sosial/Gender Equality dan Social Inclusion (GESI) digelar Yayasan Bumi Sawerigading (YBS) Palopo dalam pertemuannya di Baruga We Cudai, Rabu (8/9/2021).

Kegiatan tersebut bertujuan dalam rangka berbagi pengalaman kolaboratif GESI dalam kelembagaan dan desain pengelolaan Forum Belajar Mapaccing (FBM) sebagai Learning Forum.

Ketua YBS menjelaskan dimana peran partisipasi dan pemberdayaan perempuan, penyandang disabilitas, lansia, pemuda, dan masyarakat adat sangat diperlukan dalam setiap kegiatan.

“Secara internal adalah bagaimana melibatkan pihak perempuan dalam kelembagaan termasuk desain pengelolaan FBM itu sendiri,” kata Abdul Malik Saleh.

Dari sisi kesetaraan gender merupakan sebuah pandangan pemikiran bahwa laki-laki atau perempuan harus diperlakukan dengan memiliki hak sama atau setara.

“Salah satunya bahawa kebebasan keduanya mendapatkan pendidikan tinggi dan tidak ada perlakukan berbeda dalam dunia pekerjaan memiliki hak yang sama,” ungkapnya.

Secara garis besar, hasil yang diharapkan dari pembahasan GESI agar kedepan banyak diintegrasikan dan diimplementasikan pada kegiatan pelatihan dan pemagangan kerja

GESI mmerupakan sebuah pendekatan yang digunakan dalam memfasilitasi proses penerapan perspektif kesetaraan dan keadilan gender yang tidak hanya memberikan perhatian pada perempuan dan laki-laki saja tetapi juga pada kelompok marjinal

Diskusi integrasi GESI Kelembagaan dan perencanaan bersama, YBS dan FBM Palopo, didukung langsung USAID Madani dan Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo

Berjalannya diksusi dipandu langsung Dr. Abdul Rahman Nur, SH, MH sebagai fasilitator yang dihadiri anggota FBM yakni Gamapala, La Pena Institute, DPC. Pospera, PD. Pemuda Muhammadiyah, LPPA, YBS dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.

Sekadar diketahui YBS Palopo sebagai Lead Partner pada program USAID Madani mengambil isu tematik tentang tata kelola sumberdaya alam berbasis pengelolaan sampah di Kota Palopo. (*)

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Bukit Seguntang Adalah Ulu Melayu

  2. Penyerahan Bantuan Kursi Roda Kepada Warga


Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar

    Kelurahan Brontokusuman Ramah Anak

  2. 8
    Komentar

    4 KEBUTUHAN ANAK YANG WAJIB DIPENUHI ORANG TUA

  3. 7
    Komentar
  4. 5
    Komentar

    Kehumasan ? Bukan Sekedar Antar Surat