YBS-FBM "Sulap Sampah Jadi Berkah" dari PCOM

1 0 55
Gambar untuk YBS-FBM "Sulap Sampah Jadi Berkah" dari PCOM
PALOPO – Penyebarluasan langkah strategis dalam mengelola sampah rumah tangga (Organik) menjadi berkah terus dilakukan Yayasan Bumi Sawerigading (YBS) Palopo.

Dimana sejak kurun waktu beberapa bulan terakhir, dikembangkan salah satu Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) yang konsen bergerak dibidang lingkungan di Tana Luwu ini.

Yaitu dengan mengenalkan metode Tong dan Kotak Ajaib Terpadu (TongKAT) dan Budidaya larva Black Solider Fly (BSF) kepada warga Larompong, Luwu saat mengunjungi Kantor YBS Jl. Batara Lattu (Eks Jl. Dr. Ratulangi) No.92 A, Salobulo, Wara Utara, Palopo.

Dari penjelasannya, Ketua YBS Palopo merincikan manfaat besar yang diperoleh dari mengelola sampah organik dengan metode TongKAT.

“Olahan dari sampah organik ini kita jadikan Pupuk Cair Organik Maggot (PCOM) dimana larva sebagai organisme pengurainya,” kata Abdul Malik Saleh, Rabu (8/9/2021).

Dari metode ini pula, lanjut Malik, secara tidak langsung dapat mengurangi timbulan sampah untuk selanjutnya dimanfaatkan sebagai berkah.

“Pupuk cair organik maggot, yang dihasilkan sangat berguna untuk menambah nutrisi dan penyubur segala jenis tanaman, bunga termasuk sayuran dan buah,” ungkkap Malik.

“Untuk takaran pemakaian dengan satu sloki atau 50 ml PCOM dicampur dengan satu liter air,” tambahnya.

PCOM ini juga menggunakan kemesan wadah dari barang bekas atau sampah Anorganik plastik berbagai merk.

“Membeli produk ini sangat membantu dalam mengurangi timbulan sampah,” tutup Malik yang juga Ketua Forum Belajar Mapaccing (FBM) Palopo itu.

Diketahui, YBS Palopo mengambil peran pada program USAID MADANI dengan mengangkat isu tematik tentang pengelolaan sampah di Kota Palopo, dimana TongKAT merupakan inovasi yang diciptakan Direktur La PENA Institute Dr. Rustan Santaria yang juga merupakan anggota FBM. (*)

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. ECO.J, Juara 1 Anugerah Inovasi & Penelitian 2021


Komentar Terbanyak

  1. 7
    Komentar
  2. 6
    Komentar

    ECO.J, Juara 1 Anugerah Inovasi & Penelitian 2021

  3. 4
    Komentar
  4. 2
    Komentar