YBS-FBM Siap Bantu Tangani Sampah Rumah Tangga di Penggoli

0 0 130
Gambar untuk YBS-FBM Siap Bantu Tangani Sampah Rumah Tangga di Penggoli
PALOPO – Pihak Kelurahan Penggoli, Kecamatan Wara Utara, Kota Palopo, siap menyambut inovasi pengelolan sampah rumah tangga menjadi bahan bermanfaat seperti yang tengah dikelola Yayasan Bumi Sawerigading (YBS) Palopo bersama Forum Belajar Mapaccing (FBM).

Hal tersebut dikatakan langsung Lurah Penggoli Muhammad Asri Yusuf, dalam peringatan “Word Cleanup Day” (WCD) Tahun 2021 yang digagas Mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling (HMPS-BK) Universitas Muhammadiyah (UM) Palopo, Sabtu (18/9/2021) pagi tadi.

Sebelumnya, Eka Saptarina dari YBS Palopo, dimana secara kelembagaan dirinya siap dalam membantu warga bersama pihak Kelurahan Penggoli dan wilayah lainnya dalam mengelola sampah rumah tangga melalui media Tong dan Kotak Ajaib Terpadu (TongKAT).

“Langkah awalnya, kita imbau warga agar teliti dalam memilah sampah organik atau sampah sisa limbah rumah tangga dan anorganik yakni plastik atau sejenisnya,” katanya.

Lebih jauh, dirinya turut memperkanalkan fungsi dari inovasi TongKAT salah satunya dapat menghasilkan pupuk cair atau kompos yang baik untuk tanaman, serta maggot sebagai pakan ternak atau ikan.

“Terkait inovasi TongKAT, kita akan undang para RT dan RW untuk ikut dalam sosialisasi dari YBS dan FBM nantinya, sekaligus pembuatan hingga kepada tahap praktek,” pungkas Lurah Penggoli.

Menanggapi kegiatan WCD, dirinya, mengapresiasi seluruh pihak yang ikut terlibat dalam kegiatan dengan sasaran pesisir sebagai langkah untuk memicu rasa kepedulian seluruh warga.

Peringatan tersebut juga, pihak HMPS-BK UMP turut berkolaborasi dengan Program KOTAKU dalam aksi bersih-bersih yang dipusatkan disepanjang wilayah pesisir yang dekat dengan pemukiman warga. (EK)

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Bukit Seguntang Adalah Ulu Melayu

  2. Penyerahan Bantuan Kursi Roda Kepada Warga


Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar

    Kelurahan Brontokusuman Ramah Anak

  2. 8
    Komentar

    4 KEBUTUHAN ANAK YANG WAJIB DIPENUHI ORANG TUA

  3. 7
    Komentar
  4. 5
    Komentar

    Kehumasan ? Bukan Sekedar Antar Surat