Yayasan SATUNAMA Mentoring Penguatan "FBM" YBS Palopo

3 0 240
Gambar untuk Yayasan SATUNAMA Mentoring Penguatan "FBM" YBS Palopo
PALOPO – Yayasan Bumi Sawerigading (YBS) Palopo menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Yayasan SATUNAMA Yogyakarta, dan disambut langsung jajaran pengurus, tenaga ahli dan pendiri YBS Palopo, Sabtu (12/6/2021) siang.

Pertemuan sharing diskusi sederhana tersebut digelar di Kantor YBS Palopo yang berlokasi di Jl. Batara Lattu (Eks Dr. Ratulangi) No.92 A, Kelurahan Salobulo, Kecamatan Wara Utara, Kota Palopo.

Sebagai Mitra Utama USAID-MADANI, YBS Palopo dalam simpul belajar Forum Belajar Mapaccing (FBM) yang dibentuk bersama CSO, NGO dan OPD terkait mendapat mentoring secara Offline dimana sebelumnya digelar Online.

Secara peringkat, FBM Palopo saat ini sudah melewati level Tumbuh (Nascent) dan kini berada pada level Berkembang (Emergent) dengan target berikutnya adalah tahap akhir atau pada level Dewasa (Mature), dengan memperkuat sisi dari peningkatan FBM.

Pada pertemuan itu juga, dibahas berbagai tantangan yang dihadapi forum, dalam menangani beragam persoalan sampah serta pengelolaannya. Salah satu solusi yang diperkanalkan yaitu Tong dan Kotak (Tongkat) Ajaib.

Tongkat Ajaib adalah wadah yang menjadi penemuan anggota FBM, yang bertujuan untuk menekan angka timbulan sampah khsusunya sampah rumah tangga akan diolah menjadi pupuk organik, dan ulat yang dihasilkan selama prosesnya berguna sebagai bahan pakan ternak.

Ikut hadir dalam agenda mentoring, Pendiri YBS Palopo, Sahbuddin Umar, DP, Ketua YBS sekaligus Ketua FBM, Abdul Malik Saleh, diikuti jajaran Staf dan pengurus, Tenaga Ahli YBS, Abdul Rahman Nur.

Nampak pula, Anggota FBM, Sekretaris Kesbangpol, Taufiq Qurrahman, Direktur La Pena Institute, Rustan Santaria, Sekretaris Umum, Gabungan Gabungan Pemuda Pecinta Alam (Gamapala), Muh Ibnu Wahyudi, Ketua DPC. Posko Perjuangan Rakyat (Pospera), Wardi, Ketua Lembaga Perlindungan Perempuan dan Anak (LPPA), Andi Fatmawati.

FC USAID-MADANI Palopo, Rahman Dako dan FC USAID-MADANI Luwu Utara, Muhammad Sahaka dan Direktur Eksekutif Perkumpulan Wahana Lingkungan Lestari Celebes Area (Wallacea), Basri Andang.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Bukit Seguntang Adalah Ulu Melayu


Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar

    Kelurahan Brontokusuman Ramah Anak

  2. 8
    Komentar

    4 KEBUTUHAN ANAK YANG WAJIB DIPENUHI ORANG TUA

  3. 7
    Komentar
  4. 5
    Komentar

    Kehumasan ? Bukan Sekedar Antar Surat