Yayasan SAPA Memberikan Pelatihan Penanganan Kasus Trafficking kepada Bale Istri

5 0 229
Gambar untuk Yayasan SAPA Memberikan Pelatihan Penanganan Kasus Trafficking kepada Bale Istri
Komunitas Bale Istri yang merupakan kelompok dampingan dari Yayasan SAPA mendapatkan pelatihan terkait penanganan kasus trafficking pada 15 Oktober 2020. Pelatihan ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas pendamping dalam penanganan kasus trafficking yang sangat kompleks. Hal ini dikarenakan pendampingan kasus bagi korban kekerasan di Yayasan SAPA ialah berbasis komunitas, sehingga komunitas yang melakukan pendampingan bagi para korban. Peserta pelatihan ini ialah perwakilan dari Bale Istri Cipaku, Loa, Mepa, Sukamaju, Ancolmekar, Mekarlaksana, dan Majalaya.

Pelatihan dimulai dengan diskusi dan tanya jawab terkait temuan dan mengidentifikasi jenis kekerasan yang sering terjadi pada Perempuan Pekerja Migran untuk mengeksplor pengetahuan awal para peserta. Setelah itu, pemateri pertama Sugih Hartini, yang merupakan koordinator Jaringan Relawan Pendamping Kasus untuk Bale Istri se-Kabupaten Bandung, memaparkan materi mengenai penanganan kasus mulai dari mengidentifikasi bersama jenis kekerasan, assessment kebutuhan korban, hingga jenis pelayanan yang diberikan para pendamping.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Ridwan Apandi, yang merupakan manager internal Yayasan SAPA, memaparkan mengenai trafficking. Pemaparan dimulai dari definisi trafficking, modus-modus operandi yang dilakukan para calo untuk menjebak calon korban, dan jenis-jenis eksploitasi yang dialami oleh korban trafficking. Diharapkan melalui pelatihan ini, para pendamping dapat memahami alur pendampingan kasus bagi korban trafficking.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler


Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar