Wisata populer pegunungan sembalun

3 0 762
Gambar untuk Wisata populer pegunungan sembalun
Desa Sembalun adalah desa wisata yang cukup populer di lombok, tempatnya di desa Sembalun, kecamatan Sembalun kabupaten lombok timur. Dari mataram dibutuhkan waktu sekitar 2-3 jam untuk sampai ke lokasi tersebut dengan jalan yang dibilang bagus. Sembalun terkenal karna wisatanya yang sangat banyak mulai dari wisata sejarah, wisata pegunungan, air terjun dll. Tidak hanya itu wisata Sembalun juga menerapkan protocol Covid 19 dengan memakai masker, banyak di antara orang-orang tersebut tidak memenuhi aturan tersebut. Karna banyaknya wisata Sembalun tersebut saya akan menjelaskan wisata yang lagi trend akhir ini yaitu mendaki gunung Sembalun


GUNUNG RINJANI

Akhir-akhir ini kabarnya gunung terbesar di ntb ini yaitu gunung Rinjani ini di tutup dikarenakan cuaca yang exstream bisa membahayakan pendaki, dan di buka pada tanggal 1 agustus ini. Tinggi dari gunung Rinjani ini kurang lebih 3726mdpl, pendaki yang dating bukan hanya pri bumi tetapi juga bule-bule luar negri karna keindahan gunung tersebut.Di atas gunung tersebut terapat danau yang disebut segare anak dan aik kalak (air hanggat). Gunung Rinjani juga mempunyai kisah misteri yang tersimpan yang dipercayai masyarakat sana, seperti danau segare anak. Setiap tahun ada upacara tertentu yang dilakukan masyarakat setempat di Segara Anak. Itu karena tempat ini dianggap suci dan keramat oleh warga sekitar atau para Suku Sasak. Karena kesuciannya, siapapun yang berenang di danau Segara Anak ini akan mengalami kesialan jika niatnya buruk. Makhluk penunggu danau akan murka dan menyeretnya ke dalam danau.
Aik kalak (air hangat) Di balik kehangatannya, mata air panas ini sebenarnya adalah mata air yang dikeramatkan masyarakat setempat. Dahulu tempat ini digunakan untuk menjajal pusakanya di mana air di sana dianggap bisa menyembuhkan penyakit. Namun banyak kasus kematian wisatawan di sumber mata air ini. Salah satunya adalah kasus meninggalnya pendaki di tahun 2016 di mana salah satu yang selamat mengaku merasa diseret makhluk halus ketika mandi di sana.


BUKIT NANGGI

Bukit Nanggi Lombok berlokasi di kawasan timur Geopark National Gunung Rinjani, tepatnya di Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Bukit ini merupakan satu dari lima wisata alam berupa bukit di Sembalun yang mencapai ketinggian 2300 mdpl. Selain itu, bukit ini merupakan bukit tertinggi di Sembalun. Jika tiba di puncak Bukit Nanggi ini, Anda dapat menikmati indahnya hamparan awan putih diselimuti warna jingga. Hamparan awan tersebut dapat Anda nikmati lebih cantik saat pagi menjelang matahari terbit. Tak salah jika bukit ini menyandang julukan Negeri di Atas Awan. Mendaki selama 4 jam baru bisa dilakukan bila jalan yang dilalui mulus dan ada orang sebagai penunjuk jalan yang biasa melaluinya. Jika tidak, maka bisa memakan waktu sampai 6 jam lebih, apalagi jika sering beristirahat sembari menikmati berbagai keindahan di sepanjang jalan, seperti hamparan hutan, padang savana, dan juga ada air terjun Banjer. Tetapi air tersebut kering karna tidak pernah terjadinya hujan.

BUKIT PAL JEPANG

Bukit Pal Jepang adalah bukit wisata baru, Bukit Pal Jepang ini diperkenalkan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Langgar Pusaka Desa Sapit Kecamatan Suela Kabupaten Lotim bersama dengan para pelaku wisata lainnya. Oleh para Pokdarwis Sapit ini, bukit dengan ketinggian 2.300 mdpl itu telah coba dibuka sebagai salah satu destinasi wisata bertema Trekking.Perjalanan dari Bukit Jaran Kurus hingga puncak Bukit Pal Jepang memakan waktu tempuh sekitar XMRPelawangan Rinjani membuat kita butuh waktu yang lumayan untuk mencapai puncak Bukit Pal Jepang. Bersangkutan dengan namanya bukit Pal Jepang ini memiliki cerita Beberapa tokoh masyarakat setempat menceritakan bahwa, bukit ini disebut Pal Jepang, lantaran pada zaman kolonialisme Jepang, bukit ini dijadikan sebagai salah satu tempat mendirikan pos pengintaian oleh tentara Jepang.

Tanggal 17 agustusan tepatnya tanggal kemerdekaan banyak sekali pendaki yang datang untuk mucak ke gunug tersebut dengan kondisi yang sekarang tidak lupa pula pendaki menerapkan protocol Covid 19 dengan memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak saking padatnya puncak 17 agustus banyak yang berdesakan tidak mengunakan aturan tersebut, sehingga aturan diperketat oleh pemerintah setempat. Tiket masuk per-orang ke gunung Rinjani di hari biasa 20.000 dan di hari mendekati 17 agustus yaitu 30.000 sedangkan kebukit nanggi dan Pal Jepang hanya 10.000 di hari biasa 20.000 di hari mendekati 17agustus.
Harapan: Harapan camat Sembalun, m zadiar rahman yaitu semoga Sembalun semakin maju wisatanya dan nama wisata Lombok (Sembalun) tetap terjaga yaitu wisata halal. Dan harapan buat pemuncak semoga sadar akan kebrsihan di gunung tersebut karna banyak sekali sampah yang dibuang sembarangan maka di mintai kesadaran masing masing orang, Dan tetap menerapakan protocol Covid 19 dengan mengunakan masker dan menjaga jarak

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar