Warga Jateng Bisa Bayar Pajak Kendaraan Lewat Aplikasi Sakpole, Begini Caranya

1 0 301
Gambar untuk Warga Jateng Bisa Bayar Pajak Kendaraan Lewat Aplikasi Sakpole, Begini Caranya
Wajib Pajak Provinsi Jawa Tengah kini dapat memanfaatkan layanan SAKPOLE. Warga hanya perlu mengunduh aplikasi Sakpole di: https://play.google.com/store/apps/details?id=psi.bppd.jateng.sakpole, setelah itu klik daftar dan mengisi data diri secara lengkap.

Pada akhir proses pendaftaran online akan mendapatkan Kode Bayar yang digunakan untuk melakukan proses pembayaran NON TUNAI melalui layanan Channel perbankan (transfer, teller, e-Banking, i-Banking atau ATM). Adapun perbankan yang bekerja sama dengan layanan SAKPOLE adalah Bank Jateng, Bank BNI, Bank Mandiri, PT. POS Indonesia dan BPR BKK Grobogan. Untuk wajib pajak yang bukan nasabah dari bank-bank tersebut, tetap bisa menggunakan layanan SAKPOLE dan bisa melakukan pembayaran melalui fasilitas transfer antar bank dari bank apapun.

Bagi wajib pajak yang telah mendapatkan kode bayar dari aplikasi SAKPOLE dapat langsung melakukan pembayaran melalui channel perbankan, baik atas nama Wajib Pajak sendiri maupun atas nama orang lain.

Kode bayar berlaku selama 2 jam sejak diterbitkan. Apabila sampai dengan batas waktu pembayaran yang ditentukan dan Wajib Pajak belum melakukan pembayaran, maka kode bayar tidak berlaku lagi. Apabila tetap ingin melakukan pembayaran melalui SAKPOLE, maka Wajib Pajak dapat mengulang proses pendaftaran online kembali.

Tanda bukti bayar (e-TBPKB) dapat diunduh melalui aplikasi SAKPOLE dan berlaku selama 14 hari terhitung mulai dilakukan pembayaran. Dalam jangka waktu tersebut, WAJIB ditukar dengan Surat Ketetapan Kewajiban Pembayaran (SKKP) Pajak Kendaraan asli dan dilakukan pengesahan STNK. STNK yang tidak dilakukan pengesahan dan atau tanda bukti elektronik pembayaran pajak kendaraan bermotor (e-TBPKB) yang telah melebihi batas waktu ditentukan, maka kendaraan bermotor tidak memiliki legitimasi operasional dijalan raya.

Cetak notice pajak (SKKP) dan pengesahan STNK dapat dilakukan di seluruh lokasi SAMSAT Online Jawa Tengah (Samsat Induk, Samsat Pembantu, Samsat Keliling, Samsat Drive Thru, Samsat PATEN, Samsat Gerai/Mall), dengan membawa dan menunjukkan STNK dan e-KTP Asli yang sesuai.

Selain digunakan sebagai pembayaran pajak kendaraan secara online, SAKPOLE juga memiliki fasilitas :
1. Informasi Pajak Kendaraan Bermotor.
2. Informasi Status (Blokir) Kendaraan Bermotor.
3. Informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor.
4. Pencarian Lokasi :
- Kantor SAMSAT.
- Lokasi ATM.
- Lokasi Kantor Jasa Raharja.
- Lokasi Kantor Polisi.
- Lokasi RS/Klinik/Dokter.

Semoga inovasi ini bisa ditiru di seluruh Indonesia!

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 3
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar