Turunnya Saturasi Oksigen, Tingkatkan Dengan Sujud

Gambar untuk Turunnya Saturasi Oksigen, Tingkatkan Dengan Sujud
Proning? Islam hadir sekitar 1400 tahun yang lalu dengan syariat yang sempurna dan di dalamnya adalah sholat.
Di dalam sholat tentu ada sujud (kecuali sholat jenazah)
Bagaimana sebenarnya sujud dapat membantu supply oksigen di paru dan saturasi? Maka kita coba integrasi kan aspek medis maupun syar'i.

Penjelasan medisnya :
1. Posisi sujud dapat membantu paru-paru kita mengembang secara lebih mudah, yakni dengan merelaksasi diafragma perut serta memposisikan jantung ke bawah (karena gravitasi) sehingga paru-paru kita tidak tertekan dan dapat mengembang lebih baik, maka akan di ikuti mengembangnya alveolus secara optimal sehingga penyerapan oksigen lebih mudah.

2. Dengan memposisikan paru dalam posisi sujud, maka lendir atau eksudat akibat inflamasi paru yang mengendap di bagian dasar paru akan bergerak dan tidak 'mengental' disana. Ini penting, karena endapan lendir tersebut dapat menutup dan merusak alveoli kita yang berfungsi untuk menyerap oksigen. Logika sederhana selanjutnya, ketika lendir tersebut bergerak maka akan memicu tubuh mengeluarkannya dengan cara batuk.

3. Sujud yang baik adalah sujud dimana bagian kening dan hidung menyentuh lantai. Kemudian pastika posisi paha yang lurus, maka tidak ada salahnya kamu tidak terlalu dekat dengan tembok agar bisa sujud sempurna. Dengan posisi tersebut, maka kepala kita akan 'ndangak' sedikit dan kerongkongan kita lebih mudah dilalui oksigen sebagai supply paru-paru.

Penjelasan Syar'i nya ?
Terjadinya penurunan saturasi memang diakibatkan oleh banyak hal. Namun satu yang biasanya kita sering lupa adalah kondisi cemas, takut, dan panik kita. Sujud yang dilakukan secara ikhlas lillahita'ala dapat membantu kita mengatasi kecemasan tersebut dengan bertasbih, tahmid, hingga istighfar.

Maka bagi yang Allah izinkan 'berkenalan' dengan covid, tidak perlu cemas. Selagi masih bisa beraktivitas bisa dicoba luangkan waktunya bersama Allah, ber akrab-akrab dengan ibadah dan menyempurnakan sujud dengan menyerahkan semua kepada-Nya, InshaAllah everything will gonna be alright.

Source :
Masjid Otsuka Indonesia

#proning
#oksigen
#saturasi

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. VAKSINASI INDONESIA BANGKIT


Komentar Terbanyak

  1. 10
    Komentar
  2. 4
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar