Tingkatkan Pemulihan Ekonomi, Desa Padamulya Gagas Sebuah Kreasi "Dari Sampah Menjadi Berkah"

2 0 189
Gambar untuk Tingkatkan Pemulihan Ekonomi, Desa Padamulya Gagas Sebuah Kreasi "Dari Sampah Menjadi Berkah"
๐“๐ข๐ง๐ ๐ค๐š๐ญ๐ค๐š๐ง ๐๐ž๐ฆ๐ฎ๐ฅ๐ข๐ก๐š๐ง ๐„๐ค๐จ๐ง๐จ๐ฆ๐ข, ๐ƒ๐ž๐ฌ๐š ๐๐š๐๐š๐ฆ๐ฎ๐ฅ๐ฒ๐š ๐†๐š๐ ๐š๐ฌ ๐’๐ž๐›๐ฎ๐š๐ก ๐Š๐ซ๐ž๐š๐ฌ๐ข "๐ƒ๐š๐ซ๐ข ๐’๐š๐ฆ๐ฉ๐š๐ก ๐Œ๐ž๐ง๐ฃ๐š๐๐ข ๐๐ž๐ซ๐ค๐š๐ก"

Karang taruna Desa Padamulya Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, lakukan inovasi pemberdayaan kemasyarakatan melalui kepemudaan, Dengan program ketahanan pangan dalam bentuk budidaya ikan lele, tak hanya disitu kegiatan tersebut dibarengi proses pembuatan makanan dari sampah menjadi Magot.

Iwan Kartiwa kades Padamulya menyampaikan โ€œPermasalahan sampah adalah permasalahan yang tidak akan pernah selesai selama adanya kehidupan manusia,โ€ ucapnya.

Perkembangan teknologi dan kemajuan jaman yang semakin modern menambah volume sampah semakin meningkat terutama sampah yang berasal dari rumah tangga.

Oleh karena itu pengelolaan sampah menjadi satu keharusan untuk mengurangi volume sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sehingga umur TPA akan lebih panjang.

Jadi sebuah solusinya kita meningkatkan dan memberdayakan anak-anak karang taruna khususnya di wilayah Desa padamulya yang meliputi karang taruna unit RT dan RW untuk terjun dalam penanganan sampah tersebut.

Selain menciptakan generasi yang meningkatkan SDM kepada peningkatan ekonomi dan juga kwalitas

Iwan menambahkan demi tingkatan keberhasilan program pemberdayaan ini pemerintah desa bersama karang taruna desa lakukan perekrutan anggota karang taruna unit dan kita juga sebagai inovasi peningkatan ekonomi dengan pemberdayaan โ€œ Dari Sampah Menjadi Berkahโ€ ini.

Terkait ini pun kedepanya nantinya dalam program ini kita rencanakan program yang meliputi terdiri dari para kader Posyandu, Kader PKK, para ketua RW, perwakilan Karang Taruna, LPM, perwakilan tokoh masyarakat dan perwakilan ketua RT sedesa Padamulya.

Oleh karena itu, pengelolaan sampah berbasis masyarakat bisa dimulai dengan pemilahan sampah organik dan anorganik dari rumah tangga. Sampah organik dan anorganik jika dikelola dengan baik dapat berubah menjadi berkah berupa penghasilan.

Iwan Kartiwa menjelaskan kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk membentuk pemahaman dan kesadaran ekologis masyarakat yang di kembangkan oleh lembaga karangtaruna.

Ketua karang taruna Andi saat di temui pihak media โ€œAnggota karang taruna yang sudah direkrut sekarang ini nantinya sudah bisa melatih para anggota karang taruna yang ada di unit masing-masing.

Nantinya pun menciptakan lapangan pekerjaan karena visi dan misi saya tuh menciptakan lapangan pekerjaan bukan menjadi manusia pekerja bukan manusia mencari pekerjaan tapi menciptakan lapangan pekerjaan, pungkas Andi.

Sumber :
jabar.wartanusa.id

Repost :
Info Bandung Timur
@bdgtimurku

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 4
    Komentar
  2. 3
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar