Tiga Perempuan di Tim Sebelas

2 1 485
Gambar untuk Tiga Perempuan di Tim Sebelas
Rapat Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa, Desa Denai Kuala, Kec. Pantai Labu-Deli Serdang, dilaksanakan 18 September 2019 di kantor desa Denai Kuala.
Salah satu keputusan hasil Rapat adalah Membentuk Tim 11 yang akan bertugas menggali gagasan-gagasan atau usulan program dari setiap dusun, melalui Musyawarah Dusun.

Hasil penggalian gagasan ini nantinya akan disampaikan dan dibahas dalam Musrenbang Desa sebagai usulan dusun dan akan disusun dalam Program Prioritas. Jika usulan program tersebut masuk dalam program prioritas, maka akan masuk dalam RKP Desa Denai Kuala pada tahun 2020 mendatang.

Menariknya, tiga dari sebelas orang anggota Tim 11 yang terpilih adalah perempuan dan ketiganya Kader Perempuan Anggota HAPSARI (Himpunan Serikat Perempuan Indonesia) dari Serikat Perempuan Indepanden (SPI) Desa Denai Kuala. Yaitu Lely (Ds.1) Sri Rahayu (Ds.3) dan Romana Sinaga (Ds.4)

Ini adalah capaian yang baik (prestasi) yang patut dibanggakan, karena perempuan berhasil terlibat dalam proses perencanaan pembanguna desa, untuk memastikan bahwa sumberdaya pembangunan dan anggaran desa dapat diakses oleh perempuan.

Keterlibatan mereka bukan tanpa proses, melainkan setelah berbagai upaya dilakukan, mulai dari peningkatan kapasitas diri perempuan sendiri, diskusi-diskusi dengan oemerintah desa, mengembangkan inisiatif program bersama komunitas di desa, hingga melakukan pelatihan bersama dengan aparat desa, terkait program pemberdayaan masyarakat dan pemberdayaan perempuan. Selamat bekerja Tim Sebelas!***

  1 Komentar

Tulis komentarmu...