Terlibat Aktif dalam Penanganan Pandemi Covid 19, 3 Serangkai Gelar Webinar

0 0 245
Gambar untuk Terlibat Aktif dalam Penanganan Pandemi Covid 19, 3 Serangkai Gelar Webinar
Sebagai upaya mensinergikan gerakan menghadapi situasi pandemi di wilayah Surabaya Raya, maka Pimpinan Cabang Fatayat NU Gresik berkolaborasi dengan PC Fatayat NU Bawean, PC Fatayat NU Surabaya, dan PC Fatayat NU Sidoarjo,menyelenggarakan Webinar 3 Serangkai dengan tema “Semangat Tiga Serangkai dalam PPKM Darurat di Masa Pandemi Covid-19”. Berbekal mempelajari sejarah bahwasanya Fatayat NU dilahirkan oleh 3 tokoh perempuan Chuzaimah Mansur dari Gresik, Aminah Mansur dari Sidoarjo, dan Murtosijah Chamid dari Surabaya. Maka sudah saatnya kini, spirit 3 serangkai bersinergi bersama mengahadapi situasi pandemi untuk berkhidmah kepada umat nahdliyin.

Merujuk pada Rencana Jangka Panjang Pengembangan Fatayat NU 25 Tahun (2015-2040), visi Fatayat NU adalah menjadi lembaga badan otonom Perempuan NU yang mampu menerjemahkan Islam sebagai rahmat bagi perempuan dan laki-laki dengan berpartisipasi aktif dalam mewujudkan tatanan kehidupan yang setara dan adil di keluarga, masyarakat, negara dan dunia.

Forum sharing diawali dengan para Sahabat ketua PC Fatayat NU yang saling berkabar perihal aktivitasnya berkhidmah menghadapi pandemi covid. PC Fatayat NU Gresik bekerjasama dengan pemerintah daerah, mengirimkan kadernya sebagai relawan pemulasaran jenazah.

PC Fatayat NU Surabaya menjadi pelopor dalam menggelar doa bersama virtual, serta mengirimkan relawan dari kader Fatayat NU Surabaya untuk membantu pemulasaran jenazah di TPU Keputih. Selain itu Fatayat NU Surabaya juga mengadakan gerakan kepedulian dengan memberikan bantuan sembako, obat-obatan, serta vitamin kepada warga isoman. Satu lagi program yang sangat inovatif, yakni program BBQ (Barang Bekas Berkualitas) yang akan dihibahkan untuk para penggali kubur jenazah covid, sopir ambulance, modin/relawan pemulasaran jenazah, dan sebagian dijual untuk dibelikan sembako dan vitamin untuk warga isoman, serta anak yatim dan dhuafa.

Dilanjutkan sharing dari Sahabat Ketua PC Fatayat NU Bawean yang bekerjasama dengan PCNU Bawean melaksanakan khataman quran, berbagi daging qurban saat idul adha, serta menjadi relawan di posko PPKM dan membantu warga yang sedang isoman. Meskipun berada di kepulauan, tidak menyurutkan semangat para sahabat di PC Fatayat NU Bawean untuk bergerak melayani umat.

Sahabat PC Fatayat NU Sidoarjo juga berkesempatan berbagi daging qurban ke warga yang melakukan isoman dan warga kurang mampu, berbagi paket sembako ke penggali kubur di wilayah Sidoarjo, bekerja sama dengan PKB untuk proses vaksinasi sebanyak 1500 vaksin. Selama pandemi, PC Fatayat NU Sidoarjo juga mengisi kegiatan dengan penguatan UMKM sebagai bentuk upaya pemulihan ekonomi anggotanya. Sungguh keuletan adalah bagian penting dari sebuah perjuangan.

Sahabat dari PAC Fatayat NU Manyar Gresik, dokter Nila Hapsari, mengusung usulan tentang perlunya pembentukan tim mitigasi Fatayat NU, Tim mitigasi juga dapat memberikan edukasi tentang pelaksanaan isoman, apa saja yang bisa dilakukan di rumah untuk menunjang kesembuhan. Dan menyediakan konsultasi online , Selain itu Sahabat Nila juga mengusulkan dapur darurat di masing-masing PAC untuk menyediakan makanan siap saji.

Sahabat Nur Azizah dari PC Fatayat NU Sidoarjo sekaligus Ketua PAC Fatayat NU Waru, juga berkesempatan urun rembug perihal kesempatan berkhidmah sebagai relawan pelaksanaan vaksinasi. Karena di tempat beliau tinggal, banyak nakes yang sakit, sehingga penyelenggaraan vaksinasi tersendat-sendat. Karena sesungguhnya, potensi kader Fatayat NU serta khidmah kerelawanan kader Fatayat NU sudah nyata melakukan pergerakan demi kemanusiaan.

Sahabat Ummi Nahdliyah dari PW Fatayat NU Jawa Timur menggarisbawahi tentang khidmah Fatayat NU untuk umat dalam masa pandemi ini adalah ikhtiar yang lengkap baik lahir maupun batin, Tugas Fatayat NU adalah memberikan dukungan moral dan spiritual bagi keluarga yang ditinggalkan. Sahabat Ummi juga mengusulkan agar Fatayat NU menyediakan fasilitas call center/ pusat informasi bagi sahabat-sahabat yang membutuhkan.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar