Terapi Plasma Konvalesen

4 1 162
Plasma konvalesen adalah plasma yang diambil dari pasien yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19. Plasma adalah bagian dari darah yang mengandung antibodi. Pasien yang telah sembuh dari Covid-19 diharapkan telah memiliki antibodi sebagai perlawanan sistem imun terhadap virus SARS-CoV-2.

Terapi plasma konvalesen adalah terapi yang dilakukan dengan mendonorkan plasma orang yang telah sembuh dari Covid-19 kepada pasien yang masih terinfeksi. Hal ini dilakukan dengan harapan akan membantu antibodi pada tubuh pasien yang masih sakit. Sehingga terapi ini mampu mencegah penyakit berkembang lebih parah dan mempercepat waktu penyembuhan.

Siapa saja yang bisa menerima terapi plasma konvalesen ?
Terapi ini telah mendapat persetujuan Emergency Use Authorization (EUA) dan Food and Drug Administration (FDA). Penggunaan terapi ini direkomendasikan untuk beberapa pasien yang dirawat di rumah sakit dengan gejala sedang hingga berat. Selain itu, terapi ini juga baik diberikan pada pasien pada tahap awal penyakit dan pada pasien yang memiliki sistem imun yang lemah.

Risiko terapi Risiko dari menerima donor plasma konvalesen pada kasus Covid-19 masih belum diketahui. Namun, ahli percaya bahwa risikonya sangat rendah karena pendonor plasma telah sembuh infeksi SARS-CoV-2. Namun, ada beberapa risiko yang mungkin terjadi akibat terapi plasma konvalesen Diantara risikonya adalah reaksi alergi, kerusakan paru, dan sulit bernapas. Sedangkan risiko infeksi sekunder pada donor darah jarang terjadi karena setiap darah yang masuk akan dites terlebih dahulu dari berbagai penyakit infeksi seperti HIV dan hepatitis B. Beberapa kasus mungkin menunjukkan komplikasi ringan dari terapi ini. Selain itu, penggunaan terapi ini pada pasien ibu hamil dan anak-anak belum direkomendasikan. Belum ada data yang cukup untuk membuktikan keamanan terapi ini untuk digunakan pada dua kelompok rentan tersebut. Hasil terapi Hasil terapi plasma konvalesen di berbagai negara menunjukkan hasil yang berbeda-beda. Belum ada data pasti bahwa terapi ini benar-benar menyembuhkan pasien covid. Namun antibodi dalam plasma donor akan membantu pasien untuk sembuh lebih cepat dengan gejala yang lebih ringan

Sumber :
1. https://www.kompas.com/sains/read/2021/07/03/080700823/apa-itu-terapi-plasma-konvalesen-dan-siapa-saja-yang-boleh-menerimanya
2. Metro TV

  1 Komentar

Tulis komentarmu...

Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar
  2. 2
    Komentar

    Pisang Goreng Mbah Mis

  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar