Tepung Tawar Turun Benih Sawah

Gambar untuk Tepung Tawar Turun Benih Sawah
Tepung tawar adalah salah satu bagian prosesi yang sakral dalam upacara adat budaya melayu. Tradisi ini dilakukan sebagai perlambang mencurahkan rasa kegembiraan dan sebagai rasa syukur atas keberhasilan, hajat, acara atau niat yang akan dilaksanakan baik terhadap benda yang bergerak (manusia) maupun benda mati yang tidak bergerak.
Dan sebagai tanda syukur atas panen padi yang diterima dan dimulainya turun sawah, warga masyarakat desa Sidourip kecamatan Beringin, kabupaten Deli Serdang melakukan kegiatan tepung tawar turun benih sawah. Bertempat di persawahan desa Sidourip pada tanggal 01 Oktober 2021, pukul 15.00 wib waktu setempat. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan masyarakat dengan tujuan agar bibit padi yang ditanam tumbuh sesuai dengan yang diharapkan,tanaman padi tumbuh sehat, tidak diserang hama dan petani terhindar dari malapetaka pada saat menggarap lahan pertanian.
Untuk biaya kebutuhan acara tepung tawar dikutip dari warga desa Sidourip. Warga menyumbang dengan sukarela. Ada yang menyumbang kelapa, pulut, gula merah dan berbagai kebutuhan untuk kegiatan ini, ada juga yang menyumbang dalam bentuk uang tunai.
Kegiatan ini dilakukan warga Sidourip setiap akan turun sawah untuk menanam padi. Apa lagi sawah di Sidourip merupakan sawah tadah hujan yang hanya ditanami padi pada saat musim hujan saja. tidak seperti sawah di tempat lain dimana sawahnya mendapat air dari sumber tali air sungai ular.
Dari kegiatan ini disepakati bahwa masyarakat Sidourip akan melakukan tanam padi serentak pada tanggal 15 – 20 Oktober 2021. Semoga hasil panen masyarakat Sidodadi berlimpah, terhindar dari hama tanaman dan mendapat curah hujan yang cukup.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. MALEAN SAMPI

  2. Dewata Kite Festival (Festival Layang-layang Pulau Dewata)


Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar
  2. 2
    Komentar

    Pisang Goreng Mbah Mis

  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar

    RTAR VII PMII Fak.Tarbiyah Lahirkan Nakhoda Baru