Tenun Ikat Asli Lamongan

1 1 342
Gambar untuk Tenun Ikat Asli Lamongan
Bicara tentang tenun ikat di Indonesia ternyata tidak hanya di dominasi oleh tenun ikat Toraja Nusa,Tenggara Barat atau Nusa Tenggara Timur, Namun ada tenun ikat yang dipoduksi oleh warga Plangwott Lamongan secara turun-temurun meskipun belum terlalu terkenal dengan menggunakan mesin tradisional atau dikenal dengan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM).

Selain benang sebagai bahan utama, yang membedakan tenun buatan Lamongan dengan tenun buatan Toraja terletak pada zat warna yang dipakai. Jika tenun Toraja memakai zat warna alami, lain halnya dengan tenun Lamongan yang lebih memilih zat warna bahan kimia. Ini disebabkan karena zat warna bahan kimia lebih awet dan cepat meresap.

Sementara untuk benang sendiri memakai benang berkualitas dari Cina dan India jenis stafel fiber, mercerized dan yang paling bagus adalah sutera. Adapun dipilihnya benang dari luar negeri karena benang dalam negeri menghasilkan kain tenun yang kurang memuaskan.

Supaya lebih menarik, tiap helai kain tenun ikat biasanya dimodifikasi dengan songket. Jenis benang dan model rajutannya pun berbeda. Pada bagian songket menggunakan benang berwarna emas atau perak supaya terlihat lebih berkilau, sementara model rajutannya seperti benang timbul.

Artikel tentang tenun ikat lamongan bisa juga di baca di sini https://www.mytrip.co.id/article/perjalanan-panjang-tenun-ikat-lamongan

  1 Komentar

Tulis komentarmu...

Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 3
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar