Taukah Anda Apakah Amalan Paling Merugi Itu

Gambar untuk Taukah Anda Apakah Amalan Paling Merugi Itu
๐Ÿ“Œ ๐“๐€๐”๐Š๐€๐‡ ๐€๐๐ƒ๐€ ๐€๐๐€๐Š๐€๐‡ ๐€๐Œ๐€๐‹๐€๐ ๐๐€๐‹๐ˆ๐๐† ๐Œ๐„๐‘๐”๐†๐ˆ ๐ˆ๐“๐”

Allah Subhanahu wa Taโ€™ala berfirman :

ู‚ูู„ู’ ู‡ูŽู„ู’ ู†ูู†ูŽุจูู‘ุฆููƒูู… ุจูุงู„ู’ุฃูŽุฎู’ุณูŽุฑููŠู†ูŽ ุฃูŽุนู’ู…ูŽุงู„ู‹ุง ๏ดฟูกู ูฃ๏ดพ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุถูŽู„ู‘ูŽ ุณูŽุนู’ูŠูู‡ูู…ู’ ูููŠ ุงู„ู’ุญูŽูŠูŽุงุฉู ุงู„ุฏู‘ูู†ู’ูŠูŽุง ูˆูŽู‡ูู…ู’ ูŠูŽุญู’ุณูŽุจููˆู†ูŽ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ูู…ู’ ูŠูุญู’ุณูู†ููˆู†ูŽ ุตูู†ู’ุนู‹ุง ๏ดฟูกู ูค๏ดพ

โ€œKatakan (Wahai Muhammad) : โ€˜Maukah engkau aku beritakan dengan amalan yang paling merugi? Yaitu mereka yang semasa di dunia melakukan amalan yang sesat, tapi sayangnya mereka mengira telah berbuat baik.โ€™โ€ (QS. Al-Kahfi[18]: 103-104)

Kalau seorang melakukan perbuatan buruk dan dia yakin bahwa itu adalah keburukan, suatu saat dia bisa berubah dari keburukan ini.

Berbeda halnya seseorang yang meyakini suatu perbuatan sebagai perbuatan yang benar, padahal ini sebuah perbuatan yang salah. Dia merasa bahwa aqidah yang dia yakini sesuai dengan apa yang dibawa oleh Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam, amalan yang sesuai dengan tuntunan sunnah Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam, tapi ternyata tidak sama sekali. Inilah amalan yang paling merugi.

Maka Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam pernah bersabda :

ุฅูู†ูŽ ุงู„ู„ู‡ูŽ ุญูŽุฌูŽุจูŽ ุงู„ุชูŽู‘ูˆู’ุจูŽุฉูŽ ุนูŽู†ู’ ูƒูู„ูู‘ ุตูŽุงุญูุจู ุจูุฏู’ุนูŽุฉู ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ูŠูŽุฏูŽุนู’ ุจูุฏู’ุนูŽุชูŽู‡ู
โ€œSesungguhnya Allah menutup pintu taubat bagi para pelaku bidโ€™ah sampai dia tinggalkan kebidโ€™ahan tersebut.โ€ (HR. Ath-Thabrani)

Bagaimana mungkin pelaku bidโ€™ah taubat dari sesuatu yang dianggap benar? Demikianlah bahaya keyakinan yang salah. Kebaikan yang dia lakukan tidak akan bermanfaat untuk dirinya sama sekali. Amal kebaikan hanya akan berfaidah apabila seseorang memiliki keyakinan dengan keyakinan yang ada dasarnya dari Al-Qurโ€™an dan sunnah Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam.

Simak kajian lengkapnya yang disampaikan oleh Ustadz Ali Nur, Lc dalam pembahasan โ€œSebab-Sebab Suโ€™ul Khatimahโ€ simak melalui : https://www.radiorodja.com/49819-sebab-sebab-suul-khatimah

_______

โ™ป๏ธ Silahkan Disebarluaskan Semoga Menjadi Asbab Hidayah Saudara Yang Lain.
-
Untuk Support Dakwah IB :
BANK SYARIAH MANDIRI (BSM)
Kode (451) 7135795873
an . MOHAMMAD IQBAL MAULANA
-
Sosmed Kami :
IG | @iqbalbukhatir
FB | @iqbalbukhatir
YT | Iqbal Bukhatir
Tele | @infobukhatir
-
--Barakallahufiikum--

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Daftar CASN Pake Calo

  2. Workshop Disabilitas Jember


Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar
  2. 5
    Komentar

    Workshop Disabilitas Jember

  3. 3
    Komentar
  4. 3
    Komentar