Sriwijaya Coffee and Culinary Fest 2021: SMB IV Sepakat Kopi Sumsel Memiliki Rasa Khas

0 0 153
Gambar untuk Sriwijaya Coffee and Culinary Fest 2021: SMB IV Sepakat Kopi Sumsel Memiliki Rasa Khas
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel menggelar Sriwijaya Coffee and Culinary Fest 2021 di Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya, Senin (27/9) di Pulau Cempako, Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (TPKS) Gandus, Palembang.

Dalam kegiatan ini turut hadir Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama R.M.Fauwaz Diradja,S.H.M.Kn, Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru, Kapolda Sumsel, Irjen Pol Drs Toni Harmanto MH,  Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi,  Wakil Ketua Komisi V DPRD Provinsi Sumsel  Mgs Syaiful Padli ,  Kajati Sumsel Drs. M. Rum, S.H., M.H., Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel Aufa Syahrizal, S.P., M.Sc., Ketua DPD Masata Provinsi Sumsel Bpk. Herlan Asfiudin., Dirbinmas Polda Sumsel Kombes Pol. Heru Trisasono, S.I.K., M.Si., Kapolrestabes Palembang diwakili Wakapolrestabes Palembang AKBP Andes Purwanti, S.E., M.M.

SMB IV menilai acara ini merupakan acara yang penting untuk mengenalkan kepada dunia kopi yang berasal dari Sumsel yang selama ini kalah dengan kopi yang berasal dari provinsi lain.

“ Kita perlu promosi  kopi dari Sumsel ini , mekanismenya tinggal pak Gubernur  sendiri yang mengatur, kita sepakat kopi adalah kekayaan keanekaragaman hayati milik Sumsel yang memang harus kita promosikan karena hanya ada di Sumatera Selatan,” katanya.

SMB IV sempat mencicipi kopi yang disuguhkan panitia yang dinilainya kopinya enak memiliki rasa khas.

“ Tapi banyak orang tidak tahu bagaimana mengolah dan meminum kopi yang baik,” katanya.

SMB IV menilai acara ini merupakan acara yang penting untuk mengenalkan kepada dunia kopi yang berasal dari Sumsel yang selama ini kalah dengan kopi yang berasal dari provinsi lain.

Sedangkan Gubernur Sumsel H Herman Deru berharap kegiatan tersebut dapat membangkitkan sektor pariwisata dan petani kopi yang ada di Sumsel.

“Semoga acara ini dapat menumbuhkan ekonomi di sektor pariwisata, termasuk UMKM di sektor pegiat kopi untuk lebih bisa bersaing di dunia UMKM dalam mengenalkan kopi khas Sumsel ke seluruh daerah di Indonesia,” kata Deru usai meninjau pegiat UMKM kopi di Taman Purbakala Taman Sriwijaya.

Potensi kopi di Sumsel, tambah Deru, sangat besar dalam menunjang pertumbuhan ekonomi. Karenanya kopi merupakan salah satu andalan Sumsel untuk ekspor ke luar negeri. Dan di Indonesia sendiri kopi dari Sumsel merupakan penghasil terbesar, yaitu mencapai 22 persen pengiriman kopi di luar negeri.

“Kita semua harus bangga karena Sumsel merupakan pengekspor kopi terbesar di Indonesia,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan aksi penanaman pohon di kawasan Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya dalam rangka memperingati Hari Pariwisata dilakukan bersama Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto, dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Hari Widodo.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Aufa Syahrizal SP MSc menambahkan, kegiatan ini merupakan untuk memperingati hari pariwisata dunia ke-27. Sekaligus memperkenalkan salah satu tempat wisata yang ada di Sumsel, yaitu Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya yang ada di Kecamatan Gandus Palembang.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Bukit Seguntang Adalah Ulu Melayu


Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar

    Kelurahan Brontokusuman Ramah Anak

  2. 7
    Komentar
  3. 5
    Komentar

    Kehumasan ? Bukan Sekedar Antar Surat

  4. 4
    Komentar

    PMI Tebing Tinggi Salurkan Bantuan Korban Banjir