Sosrobahu, Teknologi Konstruksi Temuan Anak Bangsa

Gambar untuk Sosrobahu, Teknologi Konstruksi Temuan Anak Bangsa
๐—ฆ๐—ผ๐˜€๐—ฟ๐—ผ๐—ฏ๐—ฎ๐—ต๐˜‚
๐—ง๐—ฒ๐—ธ๐—ป๐—ผ๐—น๐—ผ๐—ด๐—ถ ๐—ž๐—ผ๐—ป๐˜€๐˜๐—ฟ๐˜‚๐—ธ๐˜€๐—ถ ๐—ง๐—ฒ๐—บ๐˜‚๐—ฎ๐—ป ๐—”๐—ป๐—ฎ๐—ธ ๐—•๐—ฎ๐—ป๐—ด๐˜€๐—ฎ

Pernahkah #SahabatPUPR melihat lengan jalan layang ditempatkan sejajar dengan jalan di bawahnya lalu diputar 90 derajat? Teknologi ini disebut dengan teknik konstruksi Sosrobahu. Penggunaan teknik ini memungkinkan pembangunan jalan terus berlangsung tanpa harus melakukan penutupan arus lalu lintas.

Teknologi Sosrobahu ditemukan oleh anak bangsa lho, yaitu Tjokorda Raka Sukawati. Saat pemerintah membangun Jalan Tol Wiyoto Wiyono pada tahun 1987, ia mengusulkan untuk membuat kepala tiang yang akan diputar dengan alat pemutar. Kemudian, baru dipasang bekisting kepala tiang, sejajar dengan jalan di tengah. Setelah beton cukup kuat, bekisting pun bisa diputar.

Kini teknologi ini telah digunakan di banyak negara, seperti Filipina, Malaysia, Thailand, dan Singapura. Terbaru, Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Elevated) juga menggunakan teknologi ini.

Sumber :
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI
@KemenPUPR

#SigapMembangunNegeri

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Daftar CASN Pake Calo

  2. Formasi CASN 2021

  3. Workshop Disabilitas Jember


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar

    Workshop Disabilitas Jember

  2. 4
    Komentar
  3. 3
    Komentar

    Driver Delivery

  4. 3
    Komentar