Sharing Session AtmaGO Bersama Redaktur Harian Mercusuar

3 1 90
Gambar untuk Sharing Session AtmaGO Bersama Redaktur Harian Mercusuar
Atmago, sebuah laman yang fokus pada dunia tulis menulis, Sabtu (31/8/2019), melaksanakan sharing session online. Sesi diskusi ini terbilang unik, karena menjadikan media sosial WhatsApp sebagai media diskusi.

Sesi diskusi daring ini mengambil tema "Tips Menulis Opini, Esai, dan artikel menarik" Lewat mekanisme pendaftaran secara daring, sesi diskusi ini diikuti oleh belasan peserta, dengan berbagai latar belakang, yakni mahasiswa, pekerja swasta, akademisi, dan lain-lain.

Sesi diskusi ini di pandu oleh Ambassador atmaGo Yogyakarta, Suci Fitra Syari dan menghadirkan redaktur harian Mercusuar, Jefrianto sebagai pemantik diskusi, turut hadir juga kawan-kawan dari berbagai daerah di Indonesia seperti Aceh, Mojokerto dan Bengkulu.

Pemandu atau biasa di sebut dengan moderator, Suci Fitrah Syari memulai dengan memperkenalkan diri dan menjelaskan tata tertib peserta diskusi online, selanjutnya menyerahkan kepada pemantik.

Jefri sapaan akrabnya, "Hal paling awal yang harus di lakukan sebelum menulis adalah membaca bukan hanya buku, tapi semua hal, bahkan pengalaman hidup." Jelas dia Jefrianto.

Menurutnya, dari membaca kita punya banyak referensi soal menulis mulai dari pemilihan kata, keterkaitan antara kalimat sampai memberi ruh pada tulisan.

Lanjut Jefri, hal yang harus di perhatikan adalah perbendaharaan dan efektivitas kalimat, kalimat efektif itu, ketika kamu membacanya, tidak sampai ngos-ngosan. Jika ragu dengan sebuah kata bisa cek di KBBI atau PUEBI yang bisa di download di Play Store ataupun App Store.

Menurut dia, tulisan apapun bentuknya harus memiliki kekuatan, mulai dari data, analisis, pemaknaan (interpretasi) hingga pengambilan kesimpulan.

"Untuk itu sebelum menulis, penulis harus lebih dahulu menentukan topik, setelah pokok bahasan sudah di tentukan, maka hal selanjutnya yang harus di lakukan adalah observasi awal, dari sana akan terlihat, kesimpulan awal yang akan di gunakan dalam awal tulisan." Jelasnya.

Opini yang baik menurut pemantik diskusi, terdiri dari lead (hipotesa awal), isi (keadaan sebenarnya), penutup (gagasan/pernyataan sikap atau solusi). Untuk esai dan artikel, modelnya hampir sama. Yang membedakan, di artikel dan esai, sumber-sumber data yang di gunakan harus di sertai penulisan sumber, baik catatan kaki, atau catatan badan.

Jefrianto menambahkan "Trik khusus untuk menulis artikel, opini dan esai, bagi saya adalah memulai menulis, jangan takut salah, jangan malu bertanya, banyak-banyak membaca, sering-sering hadir di masyarakat di lingkunganmu untuk menelaah masalah yang ada di mereka." Tutup Jefrianto.

Tanggapan dari beberapa peserta diskusi online atmaGo "Jarang dapat ilmu yang gratis, kita bisa tau banyak hal tentang kepenulisan, sekarang tau gimana kaidah dan cara nulis yang baik, harapannya sering ada sharing nulis kayak gitu biar kita makin semangat nulis". Jelas Cici, sebagai peserta diskusi.

"kebetulan saya juga termasuk peserta sharing session 1 jadi ada sedikit bekal tapi ada beberapa materi yang saya tidak dapatkan di sharing session 1 dan saya dapatkan di sharing session 2 juga bagusnya pada sharing session 2 ini kita langsung dapat di koreksi dari kak Jefri sehingga langsung mengetahui kekurangan dari tulisan kita." Jelas Memi Apriani peserta online atmaGo

Harapan dari beberapa peserta agar sharing session ini sering di adakan karena menurut pendapat mereka masih banyak yang butuh info tentang kepenulisan dan juga sebagai motivasi untuk menulis.

#AtmaGo #wargabantuwarga

  1 Komentar

Tulis komentarmu...

Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Di Masa Pandemi Covid-19, Seberapa Pentingkah Pendampingan Belajar Pada Anak

    Sasa Rahayu Safitri  di  Andong, Boyolali  |  21 Feb 2021
  2. Warga RT 001, RT 002 Dan 008, RW 01 Kelurahan Kebon Pala Mengevakuasi Kendaraan

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Makasar, Jakarta Timur  |  20 Feb 2021
  3. Cuaca Ekstrem Melanda, Waspada Pohon Tumbang

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Bogor Kota  |  21 Feb 2021

Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar

    Meningkatkan Kapasitas Perempuan Muda, PDNA Garut Selenggarakan Perkaderan Formal

    Berita Nasyiah Kab Garut  di  Garut Kota, Garut  |  28 Feb 2021
  2. 6
    Komentar

    GRESIK MENJADI BAGIAN DARI 4200 PESERTA PELATIHAN E.LEARNING

    siti fitriah  di  Kebomas, Gresik  |  26 Feb 2021
  3. 4
    Komentar

    Sosialisasi Pencegahan Penularan Covid-19 di Kemantren Mergangsan

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  7 jam lalu
  4. 3
    Komentar