Sesar Lembang Sudah Dua Tahun โ€˜Tidurโ€™ Bikin BMKG Dan Warga Harus Makin Waspada, Kenapa?

Gambar untuk Sesar Lembang Sudah Dua Tahun โ€˜Tidurโ€™ Bikin BMKG Dan Warga Harus Makin Waspada, Kenapa?
๐’๐ž๐ฌ๐š๐ซ ๐‹๐ž๐ฆ๐›๐š๐ง๐  ๐’๐ฎ๐๐š๐ก ๐ƒ๐ฎ๐š ๐“๐š๐ก๐ฎ๐ง โ€˜๐“๐ข๐๐ฎ๐ซโ€™ ๐๐ข๐ค๐ข๐ง ๐๐Œ๐Š๐† ๐ƒ๐š๐ง ๐–๐š๐ซ๐ ๐š ๐‡๐š๐ซ๐ฎ๐ฌ ๐Œ๐š๐ค๐ข๐ง ๐–๐š๐ฌ๐ฉ๐š๐๐š, ๐Š๐ž๐ง๐š๐ฉ๐š?

Sesar Lembang pada dua tahun terakhir ini berada dalam kondisi tenang atau โ€œtidurโ€. Kendati demikian, hal ini justru yang diwaspadai oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung.

Diketahui, sejak tahun 2019 pergerakan tanah di Sesar Lembang yang mengakibatkan gempa tidak terjadi. Padahal menurut catatan BMKG, pada periode tahun 2010-2012 ada 14 kali gempa akibat pergerakan tanah di Sesar Lembang.

Kasie Data dan Informasi BMKG Bandung, Rasmid menyatakan alasan kenapa pihaknya begitu mewaspadai pergerakan di Sesar Lembang belakangan ini. Pasalnya, menurut Rasmid, gempa terjadi ketika energi yang dikumpulkan telah cukup.

Sesar Lembang sendiri sudah melepaskan energinya pada periode 2010-2012 lalu. Sehingga saat tidak menunjukan adanya pergerakan sama sekali, artinya Sesar Lembang masih dalam proses pengumpulan energi untuk dihempaskan.

โ€œGempa bumi itu ketika dia sudah terkumpul energinya, baru dia akan dilepaskan. Sesar Lembang ini sudah dilepaskan pada tahun 2010-2012. Dari tahun 2012 ke sini, itu adalah masa-masa pengumpulan energi, jadi masa-masa tenang dia mengumpulkan energi lagi dan suatu saat dia akan melepaskan energi tersebut,โ€ ucapnya saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Sabtu 23 Januari 2021.

Ia pun tak menampik jika banyak orang yang mengira bahwa Sesar Lembang sudah tidak aktif lagi. Sehingga banyak pengembang yang membangun pemukiman di lokasi yang berdekatan dengan Sesar Lembang.

โ€œKarena sudah terlanjur ada pemukiman, kantor pemerintahan juga, ada tempat wisata, maka kita tidak bisa apa-apa. Salah satu caranya yaitu dengan mengenalkan pada masyarakat bahwa di sekitar wilayah kita itu ada ancaman yang cukup besar, yaitu Sesar Lembang yang suatu saat bisa saja bergerak,โ€ kata dia.

Untuk itu, pihaknya bersama sejumlah instansi terkait melakukan edukasi dan sosialisasi pada masyarakat terkait apa yang harus dilakukan pada saat gempa, sebelum gempa, dan setelah gempa.

โ€œKita harus mengedukasi masyarakat yang ada di wilayah itu, baik ke sekolah-sekolah, kami melakukan BMKG goes to school. Antisipasi sebelum gempa bumi, saat gempa bumi, dan setelah gempa bumi itu harus dipersiapkan. Kita ke instansi pemerintah dan masyarakat umum juga selalu memberikan informasi terkait hal tersebutโ€ ujarnya.

Selain itu, ia meminta para pengembang atau warga yang hendak membangun tempat tinggal untuk memperhatikan aturan yang ada guna meminimalisir risiko bencana.

โ€œKalau struktural itu bangunan yang akan dibangun, yang belum terlanjur itu harus masuk dalam building code yang harus dibangun di Sesar Lembang, kemudian memberikan sosialisi dan capacity building tentang hal tersebut,โ€ ujarnya.

๐Š๐ž๐ฆ๐ฎ๐ง๐ ๐ค๐ข๐ง๐š๐ง ๐†๐ž๐ฆ๐ฉ๐š ๐๐ž๐ซ๐ค๐ž๐ค๐ฎ๐š๐ญ๐š๐ง ๐Œ๐š๐ ๐ง๐ข๐ญ๐ฎ๐๐จ ๐Ÿ”,๐Ÿ— ๐ƒ๐ข ๐Š๐จ๐ญ๐š ๐๐š๐ง๐๐ฎ๐ง๐ 

Seperti diketahui Sesar Lembang membentang kurang lebih 29 KM. Sesar Lembang ini diketahui meliputi Padalarang, Lembang, Maribaya, Gunung Batu, hingga Gunung Manglayang.

โ€œKami sudah petakan dari mulai Padalarang, Kota Lembang, Maribaya, Gunung Batu, sampai Gunung Manglayang. BNPB pun akan membuat rambu peringatan,โ€ jelas Rasmid.

Sesar Lembang sendiri terbagi menjadi tiga segmen, yakni segmen timur Gunung Manglayang, segmen tengah Lembang, dan segmen barat di Padalarang.

Jika ketiga segmen tersebut bergerak bersamaan, maka kemungkinan gempa yang dihasilkan adalah magnitude 6,8-6,9. Sementara jika bergerak di saat yang berbeda, maka gempa yang dihasilkan magnitudonya 2,5-3.

โ€œBukan bermaksud menakuti, tapi kita harus bersiaga. Berdasarkan sejarah kegempaan yang di Sesar Lembang yang panjangnya antara 25-29 KM, terdiri dari 3 segmen,โ€ kata dia.

Menurut BMKG, paling lama gempa bakal terasa di Kota Bandung karena Kota Bandung berada di cekungan dan terisi oleh bangunan top soil yang belum terpadatkan secara sempurna.

โ€œAkan terasa di Kota Bandung, karena dulunya cekungan dan terisi oleh bangunan top soil yang belum terpadatkan secara sempurna, ketika ada gelombang seismik yang masuk ke dalam cekungan, maka gelombang itu akan bergetar lebih lama dibandingkan dengan getaran di pusatnya di Lembang,โ€ ujarnya.

Untuk itu Rasmid meminta warga waspada akan potensi bencana ini. Salah satunya dengan melihat perkembangan gempa di website BMKG.

โ€œKita harus menyiapkan diri, bisa dibuka di website BMKG untuk melihat apa yang bisa dilakukan di saat sebelum gempa bumi, saat gempa bumi, dan setelah gempa bumi,โ€ tutupnya.

Sumber : prfmnews.pikiran-rakyat.com

Repost :
Info Rancaekek
@inforck


#inforck #inforancaekek #rancaekek #rancaekekhits

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Operasi Lintas Laut Muara Gembong - Mauk

    Indra Gunawan  di  Bekasi Utara, Bekasi Kota  |  22 Feb 2021
  2. Bantuan Rodja Peduli Untuk Korban Banjir Bekasi Dan Sekitarnya

    ๐™ˆ๐™Š๐™ƒ๐˜ผ๐™ˆ๐™ˆ๐˜ผ๐˜ฟ ๐™…๐˜ผ๐™€๐™‰๐™๐˜ฟ๐™„๐™‰  di  Muara Gembong, Bekasi Kabupaten  |  24 Feb 2021
  3. Gunung Raung Bertopi Awan, Musim Hujan Akan Segera Usai?

    ๐™ˆ๐™Š๐™ƒ๐˜ผ๐™ˆ๐™ˆ๐˜ผ๐˜ฟ ๐™…๐˜ผ๐™€๐™‰๐™๐˜ฟ๐™„๐™‰  di  Songgon, Banyuwangi  |  23 Feb 2021
  4. Layanan Kedaruratan Kota Tangerang

    ๐™ˆ๐™Š๐™ƒ๐˜ผ๐™ˆ๐™ˆ๐˜ผ๐˜ฟ ๐™…๐˜ผ๐™€๐™‰๐™๐˜ฟ๐™„๐™‰  di  Tangerang Kota  |  23 Feb 2021

Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar

    Meningkatkan Kapasitas Perempuan Muda, PDNA Garut Selenggarakan Perkaderan Formal

    Berita Nasyiah Kab Garut  di  Garut Kota, Garut  |  28 Feb 2021
  2. 6
    Komentar

    GRESIK MENJADI BAGIAN DARI 4200 PESERTA PELATIHAN E.LEARNING

    siti fitriah  di  Kebomas, Gresik  |  26 Feb 2021
  3. 3
    Komentar

    Sosialisasi Pencegahan Penularan Covid-19 di Kemantren Mergangsan

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  2 Mar 2021
  4. 3
    Komentar