Sekoper di Pulau Bawean Kembali Aktifkan Pembelajaran

4 0 218
Gambar untuk Sekoper di Pulau Bawean Kembali Aktifkan Pembelajaran
Gresik-Dinas KB, PP, dan PA kembali melaksanakan Pembelajaran Sekolah Perempuan (Sekoper) di Desa Gunung Teguh, Kecamatan Sangkapura, Bawean, Kamis (10/6/2021) dengan menaati protokol kesehatan. Mengingat Pandemi Covid 19 masih perlu diwaspadai.

Dengan menghadirkan narasumber dari PATTIRO Gresik dan PSGA Univ. Qomaruddin (Pusat Studi Gender dan Anak) kali ini memfokuskan pada upaya pengelolaan sampah. Dimana, nantinya kedepan anggota SEKOPER bisa terlibat aktif kembali dalam upaya pemberdayaan masyarakat dengan terlibat dalam pembangunan dan program pemerintah Desa.

Anggota SEKOPER setelah mendapat materi tentang pengelolaan sampah bersedia untuk terlibat dalam pengurangan dan pengelolaan sampah minimal memilah sampah dari rumah dimulai dari diri sendiri. Adapun Pengelolaan sampah dengan 3R (Recycle, Reuse, Reduse) Juga di praktekkan dan jika ada yang butuh dikoordinasikan maka di konsultasikan ke Gropu Faskom Se Kabupaten Gresik.

Diharapkan peserta Sekoper bisa terlibat aktif kembali dalam upaya pemberdayaan masyarakat dengan keterlibatan dalam pembangunan dan program pemerintah Desa dan penting juga dalam setiaf kegiatan tetap menjaga protocol Kesehatan meskipun di Kepulauan Bawean mengingan Covid 19 ini tidak terlihat jadi harus hati-hati.

Di Desa Gunung Teguh juga belum mempunyai tanah untuk pengelolaan sampah, padahal di Desa Gunung Teguh direncanakan mendapat program TPS3R dari kabupaten, selain itu juga sampah banyak menumpuk terutama dipinggir pantai yang akhirnya menjadi pencemaran laut.

Dan juga Bank Sampah "DeGuTe" yang terbentuk di Desa Gunung Teguh segera diusulkan Surat Keputusan ke kepala Desa agara bisa didaftarkan dalam jaringan Asosiasi Bank Sampah(ASBAG) agar mendapat akses informasi peningkatan kwalitas tentang pengelolaan bank sampah.

Kedepan Sekoper masih membutuhkan pembelajaran terutama tentang mengelolah sampah khususnya membuat kompos, hal ini bisa disinergikan dengan KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) yang ada di Desa Gunung Teguh. Dan sekaligus diperlukan koordinasi ke Dinas Lingkungan Hidup terkait pengelolaan Sampah Residu.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar