Sejarah Tahun Baru Islam

11 0 3572
Gambar untuk Sejarah Tahun Baru Islam
Tahun Baru Hijriyah, sebuah 'monumen peringatan' untuk keberanian meninggalkan hal yang buruk menuju kehidupan yang lebih baik.

Walaupun agama Islam dibawa oleh Nabi Muhammad SAW, namun penetapan awal tahun Islam tidak diambil dari tahun kelahiran Sang Nabi. Melainkan ditetapkan dari salah satu periode sejarah penyebaran agama Islam: hijrah (perpindahan) Nabi dan sahabat-sahabatnya dari kota Mekah yang menentang Islam menuju kota Madinah yang menerima Islam.

Selain itu, penyebutan tahun Hijriyah belum dikenal pada masa Rasulullah Muhammad dan Khalifah Abu Bakar. Mereka sudah memakai perhitungan waktu dengan sistem kalender bulan, namun belum ada penyebutan tahun Hijriyah. Perhitungan tahun ini baru dipakai pada masa pemerintahan Khalifah Umar bin Khattab.

Khalifah Umar memiliki inisiatif untuk menetapkan nama dan permulaan tahun karena suatu peristiwa administratif yang terjadi pada masa kekuasaannya. Saat itu, Abu Musa Al-Asy'ari, gubernur Bashrah, mengirimkan surat kepada Khalifah Umar menanyakan beberapa surat yang ia terima dari Khalifah. Abu Musa menulis bahwa ia menerima surat dari Khalifah dengan tanggal bulan Sya'ban, masalahnya ia tidak tahu apakah yang dimaksud adalah bulan Sya'ban tahun ini atau tahun sebelumnya.

Mendapati masalah tersebut, Khalifah Umar sadar betapa pentingnya memiliki satuan tahun untuk menghindari kerancuan administrasi pemerintahan. Maka Khalifah pun mengumpulkan para sahabat guna meminta saran kapan tahun pertama dalam kalender Islam ditetapkan. Sebagian ada yang mengusulkan ikut perhitungan tahun Gregorian, ada pula yang mengusulkan awal tahun Islam dimulai sejak kelahiran atau kenabian Rasulullah Muhammad. Namun semua usul itu ditolak. Dan yang diterima adalah usul menjadikan momen hijrah nabi dari Mekah ke Madinah sebagai awal tahun baru Islam.

Khalifah Umar menerima usul ini dengan mempertimbangkan berbagai alasan. Di antaranya, agar umat Islam ingat perjuangan dan keberanian Nabi meninggalkan sesuatu yang buruk demi meraih yang lebih baik. Karena itulah, satuan tahun dalam Islam bernama tahun Hijriyah dan dimulai pada bulan Muharram.

Selamat tahun baru 1439 Hijriyah. Untuk meraih kebaikan, selalu dibutuhkan keberanian.

#tahunbaruislam #sejarah

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 3
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar