Segudang Bahaya Merokok Bagi Kesehatan, Berhentilah! (Bagian 1)

Gambar untuk Segudang Bahaya Merokok Bagi Kesehatan, Berhentilah! (Bagian 1)
๐—ฆ๐—ฒ๐—ด๐˜‚๐—ฑ๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—•๐—ฎ๐—ต๐—ฎ๐˜†๐—ฎ ๐— ๐—ฒ๐—ฟ๐—ผ๐—ธ๐—ผ๐—ธ ๐—•๐—ฎ๐—ด๐—ถ ๐—ž๐—ฒ๐˜€๐—ฒ๐—ต๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐—ป, ๐—•๐—ฒ๐—ฟ๐—ต๐—ฒ๐—ป๐˜๐—ถ๐—น๐—ฎ๐—ต!
(๐—•๐—ฎ๐—ด๐—ถ๐—ฎ๐—ป ๐Ÿญ)

๐——๐—”๐—ง๐—”๐—ฅ๐—œ๐—”๐—จ.๐—–๐—ข๐—  - Di Indonesia, diperkirakan ada lebih dari 230.000 orang yang meninggal akibat kebiasaan merokok setiap tahunnya.

๐—๐—ฒ๐—ป๐—ถ๐˜€ ๐—ž๐—ฎ๐—ป๐—ฑ๐˜‚๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป ๐—ฌ๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—•๐—ฒ๐—ฟ๐—ฏ๐—ฎ๐—ต๐—ฎ๐˜†๐—ฎ ๐—ฃ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ ๐—ฅ๐—ผ๐—ธ๐—ผ๐—ธ

Bahaya merokok ditimbulkan dari berbagai kandungan yang terdapat di dalam sebatang rokok. Diperkirakan ada lebih dari 7.000 bahan kimia yang terdapat di dalamnya dan sekitar 70 di antaranya bisa menyebabkan kanker. Berikut ini adalah bahan-bahan kimia berbahaya yang ada di dalam rokok :

๐—ก๐—ถ๐—ธ๐—ผ๐˜๐—ถ๐—ป

Nikotin adalah zat stimulan yang dapat memperbaiki suasana hati serta meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Namun, zat ini bisa menimbulkan efek adiksi atau kecanduan sehingga membuat perokok sulit menghentikan kebiasaan tersebut.

Selain itu, orang yang kecanduan nikotin juga berisiko mengalami efek samping nikotin yang berbahaya, seperti peningkatan detak jantung dan tekanan darah, berkurangnya nafsu makan, sesak napas, mual, serta diare.

Jika seseorang tiba-tiba berhenti merokok, tubuhnya akan mengalami gejala putus nikotin. Hal ini bisa menimbulkan rasa cemas, gelisah, pusing, susah konsentrasi, sulit tidur, kelelahan, cepat marah, dan nafsu makan meningkat.

๐—ž๐—ฎ๐—ฟ๐—ฏ๐—ผ๐—ป ๐— ๐—ผ๐—ป๐—ผ๐—ธ๐˜€๐—ถ๐—ฑ๐—ฎ

Zat ini kerap ditemukan pada asap knalpot mobil. Karbon monoksida bisa menghalangi suplai oksigen ke seluruh bagian tubuh, memaksa jantung bekerja lebih keras, dan mengganggu kinerja paru-paru.

๐—ง๐—ฎ๐—ฟ

Ketika merokok, kandungan tar di dalam rokok akan ikut terisap. Zat ini dapat mempersempit saluran udara kecil di paru-paru atau bronkiolus yang bertugas untuk menyerap oksigen.

Selain itu, tar juga dapat merusak rambut halus atau silia yang berfungsi untuk mengeluarkan virus, kuman, debu, dan benda asing dari saluran pernapasan.

Tar dalam asap rokok mengandung berbagai bahan kimia karsinogen yang dapat memicu perkembangan sel kanker di tubuh. Zat ini juga dapat membuat gigi dan jari menjadi berwarna kuning.

๐—•๐—ฒ๐—ป๐˜‡๐—ฒ๐—ป๐—ฎ

Benzena dapat ditemukan di dalam pestisida dan bahan bakar minyak (bensin). Paparan benzena dalam rokok dapat meningkatkan risiko terjadinya leukemia dan kondisi kelainan darah lainnya.

Selain bahan-bahan di atas, masih banyak kandungan zat kimia beracun pada sebatang rokok, seperti arsenik yang digunakan di dalam pestisida, formalin yang biasa digunakan untuk mengawetkan mayat, sianida untuk membuat senjata kimia, dan amonia.

Bersambung....
https://atmago.com/berita-warga/segudang-bahaya-merokok-bagi-kesehatan-berhentilah-bagian-2_31c2fdaf-0ced-40d2-9035-8fc623baeae5

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Perbedaan Antara CPNS dan PPPK


Komentar Terbanyak

  1. 10
    Komentar
  2. 5
    Komentar
  3. 3
    Komentar
  4. 3
    Komentar

    Perbedaan Antara CPNS dan PPPK