Say No to Plastik!

1 0 36
Gambar untuk Say No to Plastik!
Orang bijak mengatakan, untuk berjalan 100 langkah harus dimulai dari satu langkah. Begitulah hidup kita. Untuk mencapai satu hal yang besar maka harus dimulai dari hal yang kecil dan dari tempat terkecil pula.
Sampah plastik selalu menjadi masalah utama yang dihadapi saat ini. Sampah plastik telah menyebkan pencemaran lingkungan, baik pencemaran tanah maupun laut. Sifat sampah plastik tidak mudah terurai, proses pengolahannya menimbulkan toksit dan bersifat karsinogenik, butuh waktu sampai ratusan tahun bila terurai secara alami.
Dan salah satu penyumbang sampah plastik terbesar berasal dari rumah tangga. Bagaimana tidak, semua kebutuhan rumah tangga menggunakan pembungkus plastik. Dari mulai kebutuhan A sampai Z semua dibungkus dengan plastik. Bayangkan saja ada berapa banyak rumah tangga yang ada dan berapa sampah yang dihasilkan.
Untuk mengurangi tumpukan sampah plastik yang berasal dari rumah maka sebaiknya kita mulai merubah pola hidup kita. Antara lain:
- Mulai biasakan membawa tas belanja sendiri ketika berbelanja ke pasar atau supermarket.
- Biasakan membawa tempat makanan dan botol minuman
- Menggunakan produk yang dikemas dengan botol kaca
- Hindari menggunakan sedotan plastik
- Membeli barang dalam kemasan besar untuk penggunaan lebih lama
- Usahakan mengurangi pembungkus plastik
Itu adalah hal-hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi penggunaan sampah plastik. Tetapi yang tak kalah pentingnya adalah mulailah memberikan edukasi anak kita sejak dini tentang bagaimana bahaya penggunaan sampah plastik. Selain memberikan edukasi, hal yang paling penting adalah bagai mana kita sebagai orang tua memberikan contoh ke anak dan keluarga kita.
Kami sendiri sudah mulai menerapkan kebiasaan berbelanja dengan membawa tas sendiri sejak setahun yang lalu. Dan hal ini merupakan sebuah kebiasaan yang sudah mulai di adopsi anak kami. Apabila membeli jajan di pasar dan tidak membawa tas sendiri kami maka kami lebih memilih memasukkan jajan tersebut ke dalam tas yang dibawa anak kami atau dipegang saja.
Mari sama-sama kita jaga lingkungan, bebaskan lingkungan sekitar kita dari sampah plastik. Cintai lingkungan dengan mengurangi penggunaan plastik. Kalau tidak kita yang memulai siapa lagi?

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Daftar CASN Pake Calo

  2. Formasi CASN 2021


Komentar Terbanyak

  1. 7
    Komentar

    Formasi CASN 2021

  2. 4
    Komentar
  3. 3
    Komentar
  4. 3
    Komentar