Satwa Endemik Sulawesi : Burung Maleo

2 0 180
Gambar untuk Satwa Endemik Sulawesi : Burung Maleo
Halo Sobat Hijau, kenalan yuk sama Maleo!

Burung ini merupakan satwa endemik Sulawesi. Maleo juga merupakan Spesies kunci yang berarti maleo berdampak besar terhadap lingkungan hingga dapat mempengaruhi ekosistem.

Burung ini memiliki bulu berwarna hitam, kulit sekitar mata berwarna kuning, dan di atas kepalanya terdapat tanduk atau jambul keras berwarna hitam.

Satwa ini hidup berkoloni dan menghabiskan sebagian besar waktunya mencari makanan dipermukaan tanah dengan mengais-ngais tanah. Meskipun memiliki sayap dengan bulu yang cukup panjang, namun maleo lebih senang jalan kaki dari pada terbang.

Maleo tidak mengerami telurnya, ia lebih memilih mengubur telurnya di dalam pasir yang memiliki panas geothermal alami hingga menetas.

Cara unik ini dilakukannya karena telur burung maleo itu sangatlah besar jika dilihat dari bentuk tubuhnya yang terhitung kecil. Ukuran telur burung maleo mampu memiliki ukuran 5 kali lebih besar dari ukuran telur ayam, bahkan karena saking besarnya telur burung maleo, ia sampai harus mengalami pingsan karena proses bertelur tersebut.

Unik kan satwa yang satu ini?
Kalau ingin bertemu, kalian bisa berkunjung ke penangkarannya di kawasan Taman Nasional Lore Lindu, di Sulawesi Tengah.

#KLHK
#SatwaKita
#Konservasi
#AyokeTamanNasional

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 3
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar